Cara Mengedit File PDF

Advertisement
Daftar Isi

     Dokument yang berbentuk file PDF (Portable Document Format) memang bagus untuk digunakan ketika mengirimkan file dokument kepada orang lain. Kelebihan file pdf dari file document lainnya seperti .doc, docx dll adalah file PDF akan menjaga format, font dan lainnya agar tidak berubah pada komputer lain karena memang ekstesi pdf didesaign untuk sharing file dokument. Kekurangan yang dimiliki file pdf adalah document tersebut akan sangat sulit untuk diubah atau diedit, khususnya apabila file pdf tersebut dilock oleh penulisnya.

    Apakah anda memiliki dokumen berbentuk file pdf yang ingin anda ubah agar sesuai dengan dokumen yang anda inginkan? Jika benar begitu, stay tuned pada artikel ini karena blog Juara Bersama akan menjelaskan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengedit file pdf anda.


    Diantaranya :


    1. Edit PDF dengan Adobe Acrobat

    Jika file pdf yang anda miliki tidak dikunci atau dilock. Anda bisa langsung mengedit file pdf tersebut langsung mengggunakan aplikasi Adobe Acrobat, caranya :

    1. Buka dokument dengan file pdf
    2. Klik Tool
    3. Klik Content Editing
    4. Edit Text and Image Editing




    Sayangnya, cara pertama ini edit file pdf menggunakan Adobe Acrobat Reader membutuhkan Subscripsi Adobe Premium untuk membuka Kontent Tool.

    2. Edit PDF menggunakan Microsoft Word


    Untungnya cara edit pdf menggunakan Adobe Acrobat bukanlah satu-satunya cara untuk mengedit file pdf anda, bagi anda yang tidak memiliki Subscripsi Premium Adobe, anda bisa mengedit file pdf anda dengan bantuan Microsoft Word yang bisa anda download gratis. Caranya :

    1. Buka Aplikasi Microsoft Word
    2. Klik File-Open-Computer-Browse
    3. Kemudian cari file pdf yang akan anda edit kemudian klik 2 kali file pdf tersebut
    4. Selesai

    Apabila muncul pop up peringatan microsoft word akan merubah file pdf ke editable document, klik OK dan tunggu beberapa saat dimana Microsoft Word akan melakukan Converting dari PDF ke editable document, doc atau docx.

    Selesai, sekarang anda bisa mengedit content file pdf anda sesuka hati kemudian save kedalam format document docx atau pdf lagi.

    3. Edit PDF menggunakan PDF Editor

    Cara ketiga yang bisa anda gunakan untuk mengedit file pdf anda adalah dengan menggunakan Aplikasi Desktop gratis. Yang kami sarankan menggunakan aplikasi LibreOffice atau AbleWord

    Caranya :
    1. Download dan Install Aplikasi LibreOffice atau AbleWord
    2. Jalankan Aplikasi
    3. Klik File, Open dan pilih file pdf yang akan anda edit
    Selesai, silahkan edit file pdf anda sesuka hati anda. Kemudian simpan pdf yang sudah anda edit sebelumnya.

    4. Edit File PDF dengan Aplikasi Berbasis Browser

    Cara keempat adalah dengan menggunakan Aplikasi berbasis Browser yang bernama PDFUnlock atau PDF Buddy. Dengan cara ini, anda bisa langsung mencantumkan alamat url file pdf anda, upload file pdf langsung dari komputer anda atau upload file pdf dari Google Drive atau Dropbox.

    Sangat mudah bukan, caranya kunjungi website PDF Buddy atau PDFUnlock, pilih file pdf yang akan di unlock dari 3 cara diatas, kemudian klik Unlock, dan tunggu sampai proses konversi selesai. Kemudian download atau simpan hasil Unlockan pdf dan anda sudah bisa mengedit file pdf anda menggunakan Aplikasi PDF Reader yang anda miliki di komputer anda.


    Itulah, 4 cara yang bisa anda gunakan untuk mengedit file pdf anda yang di kunci atau di lock. Semoga artikel Cara Mengedit File PDF ini bisa berguna untuk anda. Dan jangan lupa untuk subscribe blog Juara Bersama kami agar anda tidak ketinggalan artikel-artikel menarik lainnya yang akan kami posting selanjutnya pada blog Juara Bersama ini.

    Silahkan Share artikel ini ke social media anda apabila anda merasa artikel ini akan berguna bagi orang lain yang membutuhkan.

    Terima kasih,



    Sumber :
    http://sea.pcmag.com/software/2240/feature/how-to-edit-a-pdf
    https://www.digitaltrends.com/computing/how-to-edit-a-pdf/2/
    dll.

    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments