Cara Menghitung, Memonitor dan Menghemat Kuota Data Internet

Advertisement
Daftar Isi
    Dewasa ini penggunaan Internet tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari, baik itu sebagai hiburan, mencari informasi atau hanya sekedar menonton film. Yang apabila tidak diawasi dengan baik bisa menyebabkan penggunaan data internet yang berlebihan dan menyebabkan membengkaknya pembayaran untuk membeli kuota data internet.

    Oleh karena itulah, untuk mewaspadai membengkaknya penggunaan data Internet, blog Juara Bersama akan menuliskan beberapa tips yang bisa ditempuh agar Penggunaan Data Internet anda bisa Efisien tanpa harus mengeluarkan biaya yang segunung. Silahkan disimak artikel yang berjudul "Cara Menghitung, Memonitor dan Menghemat Kuota Data Internet" ini.

    Pastikan Anda Mendapatkan Sesuai Yang Anda Bayar




    Yang pertama harus anda lakukan untuk menghemat kuota data internet anda adalah dengan cara memonitor kecepatan yang anda beli pada ISP pilihan anda. Anda bisa melakukan monitor terhadap kecepatan internet anda dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, diantaranya Ookla’s Speedtest.net atau Speedof.me untuk memonitor kecepatan internet anda langsung dari browser. Dengan catatan agar hasil kecepatan internet anda akurat, gunakan device yang terkoneksi langsung dengan gateway internet anda.


    Tekan alt-control-delete pada keyboard anda secara bersamaan untuk membuka Task Manager pada komputer atau check Activity Manager pada Sistem MacOS, dan lihat Networks Statisticnya. Close semua aplikasi untuk mencegah penggunaan data saat mengecek kecepatan internet anda. Dan tunggu sampai update selesai jika ada aplikasi yang sedang mengupdate di komputer anda. Sehingga anda bisa mendapatkan Hasil Kecepatan Internet seakurat mungkin.

    Setelah itu bandingkan kecepatan yang anda dapatkan dengan Kecepatan Internet yang anda bayar pada ISP anda. Jika kecepatan internet anda dibawah kecepatan yang dijanjikan ISP anda, kami sarankan anda segera menelepon provider anda agar segera dilakukan pemeriksaan pada jaringan internet anda, sehingga tidak ada Kuota Data anda yang terbuang sia-sia tanpa anda ketahui.

    Berapa Banyak Kuota Data yang Anda Butuhkan?




    Jangan lupa, Bandwith yang dijanjikan oleh ISP anda tidak berdasarkan kepada banyaknya device yang anda gunakan tetapi Total Bandwith yang tersedia bagi Koneksi Internet anda. Sebagai contoh, apabila anda membeli Paket Internet dengan kecepatan download 20 Mbps dan kecepatan upload 2.0 Mbps, contohnya anda memiliki 4 device yang semuanya terkoneksi kepada Internet yang sama, maka kasarnya setiap device yang anda miliki hanya akan mendapatkan maksimal kcepatan download sebesar 5 Mbps dan Upload sebesar 0.5 Mbps.

    Faktanya, tidak seperti itu. Bandwith yang disebarkan ke device bergantung kepada Router dan Penggunaan di tiap device. Pada router sederhana dengan factory-default settings, sangat memungkinkan adanya tarik menarik bandwith di tiap device. Sehingga client dengan penggunaan data yang besar, contohnya streaming video, telepon voip dan main game online akan menyebabkan kemungkinan terkena Lag. Karena devide lain yang hanya membuka web browser atau klien email diperlakukan dengan setara dengan device sebelumnya. Karena itulah kami akan memberitahukan settingan yang tepat agar bandwith internet anda bisa dibagikan dengan optimal sesuai dengan kebutuhan pada tiap device.

    If you don't configure your router properly, all the devices on your network will be treated equally in terms of bandwidth allocation.
    Agar kecepatan internet di tiap device bisa optimal dan menghindari terjadinya Lag karena kecepatan yang lemot. Kami menyarankan agar anda memberikan alokasi kecepatan download sebesar 2.0 Mbps pada device untuk penggunaan normal dan mengalokasikan 5Mbps untuk device dengan penggunaan yang berat misalnya streaming video HD. Maka, jika ada 1 orang yang menonton video Youtube dan yang lain menonton film streaming di Netflix, dengan asumsi keduanya menggunakan Smartphone atau Tablet untuk browsing di internet, sedangkan 3 orang lain menggunakan Video Chat Skype, kami menyarankan anda untuk memiliki paket dengan kecepatan download sebesar 19 Mbps, yang didapat dari : 5.0 Mbps x 3 + 2.0 Mbps x 2.

    Sedangkan maksimum kecepatan Upload tidak terlalu berpengaruh ke kecepatan Internet anda. Kecuali jika anda menggunakan internet yang banyak mengirimkan data dan menerima data, contohnya Video Call Skype, Telepon Internet dll. karena data pada kondisi itu bergerak secara 2 arah, mengirim dan menerima. Bandwith Upload juga akan berpengaruh ketika anda mengakses device di rumah secara remote dan membuka file saat anda berada jauh dari rumah. Hanya saja kecepatan Upload pada saat seperti itu agak sulit untuk diukur, ingat saja semakin cepat Kecepatan Upload, semakin cepat Koneksi Remote dan membuka Files dari Jaringan di rumah.

    Monitor Penggunaan untuk Mengenali Penggunaan Bandwith




    Usahakan agar bisa memonitor penggunaan bandwith pada setiap device agar diketahui aplikasi mana yang menggunakan Bandwith dengan boros. Anda bisa menggunakan Aplikasi berbasis windows seperti Bitmeter OS atau NetWorx, yang akan sangat berguna apabila semua device didalam jaringan internet anda menggunakan OS Windows. Aplikasi-aplikasi ini akan memonitor penggunaan bandwith pada setiap komputer yang terinstal aplikasi itu dan menyediakan data dalam bentuk grafik dan tabel yang bisa digunakan untuk memonitor bandwith di tiap device. Anda juga bisa mensetting Quota Data di tiap device dan akan diberitahu apabila ada device yang mendekati atau melampaui Quota Data yang diberikan.

    NetWorx provides detailed bandwidth reports, but only for the PCs on your network.
     Apabila anda menggunakan beberapa type device pada jaringan internet - smartphones, tablets, konsol game, TV dan Komputer berbasis Windows - akan sangat ideal apabila anda bisa memonitor setiap device pada satu komputer saja, sehingga anda tidak perlu menginstal monitor software pada setiap device. Dan caranya akan sedikit lebih rumit karena kita harus memonitor data traffik pada router atau device lain yang dipasang antara router dan client.

    Sayang sekali kebanyakan Router yang beredar di pasaran seringkali tidak dilengkapi dengan kemampuan untuk menghitung bandwith traffik. Silahkan anda cek router yang anda miliki, apakah router anda support kemampuan bandwith traking? Jika tidak, akan lebih baik dan mudah jika anda kami sarankan untuk membeli Router baru yang memang memiliki kemampuan menghitung bandwith traffik. Router dari OpenMesh akan menjadi pilihan yang bagus jika anda ingin mengganti router anda, Router OpenMesh memiliki kemampuan untuk menghitung bandwith yang digunakan tiap device dan juga wireless mesh-networking technology yang memberikan kemudahan dalam memperluas jaringan hotspot anda.

    Open Mesh shows a graph of bandwidth usage of each client, top clients, top devices, top applications, and top APs on its Network Overview page.
    Jika anda tidak ingin mengganti router anda, pastikan saja router anda memiliki kemampuan untuk menghitung bandwith di tiap client yang tersambung. Untuk menghitung bandwith anda, anda bisa menggunakan Firmware yang support model dan type router anda. DD-WRT adalah salah satu firmware populer yang mensupport banyak model dan type router. Untuk menghitung penggunaan data tiap client atau device, anda juga akan membutuhkan add-on yang disebut DDWRT-BWMON.

    Manfaatkan QoS Router Anda untuk mendistribusikan Bandwith




    Banyak Router memiliki fitur Quality-of-Service, yang biasanya tidak aktif secara default. Gagasan dibalik Fitur Qos adalah untuk menjamin kinerja jaringan yang baik, khususnya untuk penggunaan internet yang berat misalnya menonton video HD, telepon VOIP dan Game Online dimana sangat rentan untuk terjadinya Lag yang mengganggu. Ini biasanya dilakukan dengan mengubah prioritas untuk keperluan seperti diatas menjadi prioritas tinggi dibandingkan dengan client yang menggunakan Jaringan untuk kebutuhan yang biasa.

    Pada dasarnya cara untuk menyetting Qos pada tiap merk dan model router berbeda tergantung pabrikannya. Akan tetapi rata-rata router akan bisa membedakan device dengan prioritas internet tinggi dengen membedakan by IP atau Mac Address tiap device. Beberapa router juga biasanya sudah memiliki settingan QoS default yang bisa anda customize sesuai dengan kebutuhan anda.
    Router manufacturers are increasingly providing the means to prioritize particular devices and apps in the router's firmware. This Linksys WRT1900AC router has been configured to assign higher priority to traffic associated with Roku and Spotify.

    Opetimakan Jaringan untuk Meningkatkan Kecepatan




    Anda mungkin tidak membutuhkan device dengan kecepatan internet super kenceng, tapi semakin cepat suatu device dilayani oleh router semakin cepat juga router akan melayani device lain yang tersambung. Dengan demikian, mempercepat kneksi internet untuk suatu device akan berdampak juga kepada device-device yang lain. Semakin tinggi Prioritas suatu device, akan semakin baik pula kemampuan jaringannya, khususnya untuk koneksi dengan high priority diatas.

    Jika memungkinkan, usahakan setiap device yang tersambung pada router anda menggunakan ethernet cable untuk sambungannya. hal ini akan membantu mengurangi kemacetan pada gelombang udara, dimana tidak sebagus koneksi dengan menggunakan kabel eternet.

    Pastikan juga anda meletakkan Router Wifi anda ditengah-tengah device-devie lain yang menggunakan Jaringan Internet agar tiap device memiliki pelayanan jaringan yang seimbang. Jika anda tidak bisa merubah posisi router wi-fi anda, pertimbangkan untuk mengganti router anda menjadi mesh network router, contohnya Netgear Orbi, Eero WiFi system, or the Linksys Velop.


    sumber :  http://www.pcworld.com/article/3072638/home-networking/how-to-measure-monitor-and-manage-your-broadband-consumption.html



    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments