Cara Membuat Bootable USB Drive Windows 10

Advertisement
Daftar Isi
    .redmondpie.com
    Salah satu cara untuk melindungi komputer dan sistem operasi didalamnya dari serangan hacker dan virus2 serta malware adalah dengan membuat USB Bootable drive yang terpisah dari sistem. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba komputer anda terserang oleh virus ganas yang merusak sistem di komputer anda. Dengan memiliki Bootable USB eksternal anda bisa melakukan clean instal sistem operasi Windows 10 anda kapan saja. Sehingga komputer anda akan bersih dari virus dan malware yang merusak data anda.



    Meskipun yap, clean instal artinya anda akan melakukan Instal Ulang Windows 10 anda di komputer dan kehilangan seluruh File dan Data yang tersimpan sebelumnya. Meskipun begitu, hal ini sangat penting agar komputer anda tidak dijadikan sarang virus dan malware. Maka dari itu kami menyarankan USB Flash Drive yang akan anda gunakan cukup untuk menyimpan seluruh File dan Data Penting di Komputer anda atau cara terbaik untuk menjaga data penting di komputer anda adalah dengan cara menyimpan data anda di Online Cloud Storage agar lebih aman.

    Pada artikel kali ini, kami akan memberikan sedikit tutorial bagaimana cara membuat Bootable USB Drive untuk Windows 10 anda. 

    Cara Membuat Bootable USB Windows 10 Automatis dengan MediaCreationTool 



    Cara pertama ini lebih simple dan mudah, anda tinggal mendownload tool MediaCreationTool yang sesuai dengan Sistem Operasi Windows anda. Kemudian lanjutkan sesuai perintah didalam Jendela Tool dan tool akan melakukan sisanya untuk anda. Untuk lebih jelasnya silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini :

    Pertama-tama, siapkan dulu USB Flash Drive dengan kapasitas 8GB atau 16Gb (Cukup Besar untuk menyimpan data penting anda dan Bootable Windows 10).

    Kedua, Download Aplikasi yang akan kita gunakan untuk membuat Bootable USB Drive sesuai dengan Sistem Operasi yang anda gunakan (32bit atau 64bit). Jika anda tidak yakin, periksalah dulu Sistem Operasi anda dengan cara tekan Windows Key + Pause/Break atau dengan cara klik Kanan pada "This PC" di desktop kemudian pilih properties. 


     Ketiga, jalankan tool yang sudah anda download tadi MediaCreationTool, sehingga jendela aplikasi terbuka seperti ini


    Pilih "Create Instalation Media for Another PC" kemudian tekan Next


    Lanjutkan dengan memilih Language, Edition dan Architecture yang sesuai dengan Komputer anda. Terdapat 5 edisi Windows yang bisa anda pilih, diantaranya Windows 10 Home, Windows 10 Home N, Windows Home Single Language, Windows 10 Pro, or Windows 10 Pro N. Pilihlah yang cocok dengan kebutuhan anda.

    Lanjutkan dengan menekan tombol Next dan tunggu sebentar. Aplikasi akan menyiapkan file yang harus anda download dan menghitung besar File yang dibutuhkan.


    Kemudian, pilih Pilihan yang Pertama "USB Flash Drive" dan masukan USB yang akan anda gunakan sebagai bootable USB dirve Windows 10 anda. Dan pastikan Kapasitas USB anda mencukupi.


    Kemudian, pilih USB Drive anda dari pillihan yang tersedia. Dan pastikan tidak ada Data atau File Penting didalamnya. Karena pada langkah ini, USB Drive anda akan dioverwrite dan semua data yang tersimpan akan dihapus secara automatis. Jika anda ingin memindahkan data, pindahkan terlebih dahulu data-data yang terdapat di FlashDisk sebelum anda menekan Next ke penyimpanan komputer. Jika anda sudah yakin tidak ada data penting yang akan terhapus. Lanjutkan dengan klik tombol Next.

    Selesai, MediaCreationTool akan mendownload Windows 10 sesuai dengan pilihan anda sebelumnya.

    Cara Membuat Bootable USB Windows 10 secara Manual



    Cara kedua ini agak sedikit Ribet karena dilakukan secara manual step by stepnya dengan menggunakan Command Prompt. Pada Cara kedua ini, anda bebas mendapatkan .ISO Windows 10 anda dari sumber Official atau Non Official. Maka dari itu, pastikan ada sudah memiliki copyan dari Windows 10 yang anda butuhkan dalam bentuk format .ISO. Jika belum, silahkan convert terlebih dahulu File Windows anda ke Format .ISO

    Pertama-tama, jalankan Command Prompt sebagai Administrator. Caranya search dengan kata "cmd", klik kanan kemudian Run as Administrator. Kemudian ketik "diskpart" (tanpa  tanda kutip) di layar Command Prompt anda, dan tekan Enter. Apabila diperlukan pilih Yes.


    Masukkan USB Flashdrive anda kedalam komputer. Kemudian ketik "list disk" (tanpa tanda petik) pada jendela cmd yang terbuka.Jendela cmd kemudian akan menampilkan setiap disk yang terhubung ke komputer, perhatikan tiap disk yang ada, kapasitas disk dan status disk dan cari tau USB Flash anda yang mana.


    Contohnya disk anda nomor 1 (Disk 1). Ketikan di cmd perintah untuk memilih disk 1 dengan cara ketik "select disk 1" (tanpa tanda petik).


    Apabila anda belum memindahkan Data Penting di dalam Flash Disk. Ini adalah kesempatan teakhir anda untuk memindahkan data anda. Apabila anda sudah yakin USB Disk anda tidak menyimpan data yang penting. Lanjutkan dengan ketik "clean" (tanpa tanda petik) pada cmd, dan Sistem akan menghapus seluruh data yang tersimpan di Flash Disk.


    Sekarang kita akan menyiapkan Flash Disk kita agar bisa Bootable, caranya ketik "create partition primary" (tanpa tanda ketik). Kemudian tekan enter.


    Kemudian, ketik "select partition 1" (tanpa tanda petik) dan tekan enter.


    Lanjutkan dengan ketik "active" (tanpa tanda petik) dan tekan enter. Lalu ketik "format fs=fat32" (tanpa tanda petik) dan tekan enter.


    Selesai, langkah terakhir ketik "assign" agar USB Drive anda terbaca di komputer dan bisa diakses melalui Windows Explorer.


    SebagaContoh, FlashDisk kami terdapat di drive "H:"


    Sekarang saatnya anda memindahkan Data Windows anda kedalam Flash Disk. Caranya ada 2, anda bisa mengekstrak .ISO windows anda, kemudian pindahkan semua datanya kedalam Flash Disk atau anda bisa menggunakan command prompt untuk memindahkan data. Karena dari sebelumnya kita sudah banyak menggunakan perintah Command Prompt, maka kali ini pun kami akan menggunkana Perintah Command Prompt untuk memindahkan data ke Flash Disk.
    • Mount .ISO anda menggunakan Virtual Rom yang anda suka, contohnya Daemon Tools (contoh virtual Rom pada gambar diatas drive G:)
    • Close cmd DISKPATH kemudian buka kembali command prompt, kemudian ketik "xcopy g:*.* /s/e/f h:" (tanpa tanda petik). Dimana g: adalah Rom Virtual tempat anda mount .ISO windows anda dan h: adalah drive letter untuk Flash Disk anda.
    • kemudian tunggu, sampai proses pemindahan file windows selesai ke drive h:
    • Ketik "exit" (tanpa tanda petik) jika proses cmd telah selesai. 
    Akhirnya, sekarang anda sudah bisa menggunakan Flash Disk anda untuk menginstal Windows 10 dengan Booting.

    Sekian, artikel Tutorial kami kali ini, semoga artikel Juara Bersama bisa bermanfaat untuk membantu anda menyelesaikan permasalahan komputer anda. Silahkan di Share dengan klik "Share" Button di bawah anda agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan juga.

    Terima kasih telah membaca artikel blog Juara Bersama dengan judul Cara Membuat Bootable USB Drive Windows 10.

    Semoga artikel kami bisa bermanfaat untuk anda dan jangan lupa Subscribe ke Blog Juara Bersama agar anda tidak ketinggalan artikel menarik lain yang akan kami tulis di lain kesempatan.

    Sekian,
    Salah Juara

    Sumber image dan tulisan https://venturebeat.com/2016/01/04/how-to-create-a-bootable-windows-10-usb-flash-drive-2/








    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments