-->

Cara Mempercepat Start Up atau Booting Laptop Windows 10

Advertisement
Daftar Isi

    Kali ini kita akan bahas beberapa persoalan dan solusi yang bisa ditempuh jika PC anda lemot, khususnya bagi PC atau Laptop yang menggunakan Sistem Operasi Windows 10. Sistem Operasi terbaru yang dirilis oleh Microsoft pada September 2014 untuk melengkapi Sistem Operasi Windows NT.

    Booting atau Start Up Windows 10 yang lama sangat merugikan kita, karena hal itu bisa menyebabkan beberapa masalah yang mengganggu misalnya ketika kita membutuhkan data dari laptop yang harus segera diambil, membuat pekerjaan kita tertunda karena harus menunggu booting windows 10 yang lemot, membuat kita kesal dan malas untuk menggunakan Laptop atau PC dan lain-lain. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menuliskan beberapa solusi untuk mengatasi Laptop anda yang mengalami Start Up atau Booting lama.


    Langsung saja kami tuliskan beberapa solusi yang bisa anda lakukan, diantaranya :

    1. Enable/Disable Fast Start Up

    Kami menemukan bahwa dengan mengganti settingan Start Up PC atau laptop anda bisa meningkatkan kecepatan start up anda. So cara pertama yang kami sarankan adalah dengan mencoba mengaktifkan atau menon aktifkan fitur Fast Start Up pada windows 10 anda, caranya :
    • buka Start Menu kemudian klik Power Option atau ketik "Power Option" pada kolom pencarian anda
    • Kemudian pilih "Choose what the power button does" yang terdapat di sidebar kiri layar anda.
    • Kemudian klik "Change settings that are currently unavailable" (tulisan biru pada layar atas) lalu klik Next
    • Kemudian aktifkan atau non aktifkan fitur "Turn on fast start-up", kemudian klik save
    Selesai, cara pertama diatas harusnya ampuh untuk meningkatkan kecepatan start up windows 10 anda.Setelah itu anda bisa mengaktifkan atau tidak mengaktifkan kembali fitur Fast Start Up pada windows 10 anda, karena hal itu tidak terlalu banyak berpengaruh untuk selanjutnya.


    2. Graphic Drivers

    Beberapa ahli komputer mengatakan Graphic Driver yang dipasang bersamaan antara Intel Graphic dan Nvidia atau AMD tidak baik untuk laptop dan bisa menjadi sumber masalah mengapa booting windows 10 anda lemot. Cara mengatasinya cukup mudah, anda harus mendisable AMD atau Nvidia graphic card anda kemudian shut down laptop anda. Langkah-langkahnya :
    • Masuk ke Device Manager dengan cara klik kanan icon start menu dan pilih device manager atau search saja dengan kata kunci "device manager"
    • Klik tulisan "Display Adapter" untuk melihat graphic card apa saja yang terpasang pada laptop anda. (Nvidia, AMD Radeon or ATi Radeon)
    • Kemudian klik kanan dan disable Graphic Card tersebut.
    • Shut Down laptop anda
     Jika laptop anda hanya menggunakan 1 Graphic Card, anda tidak perlu melakukan cara diatas. Cukup dengan men-disable kemudian men-enable Graphic card anda biasanya akan menghilangkan masalah tersebut. Jika sudah, untuk memastikan Graphic card anda menggunakan update terbaru,klik "check for update" kemudian instal update driver graphic card yang anda gunakan.


    3. Setting Virtual Memory

    Virtual Memory merupakan salah satu fitur yang disediakan windows untuk membantu kinerja RAM. Virtual Memori akan membantu manakala RAM anda penuh sehingga windows akan menggunakan kapasitas Virtual Memori untuk menyimpan temporary memori di komputer anda.

    Beberapa pengguna windows mengeluhkan bahwa settingan yang salah pada Virtual Memory bisa menyebabkan booting lama. Oleh karena itu, mari kita setting Virtual Memory kita agar tidak mengganggu proses Booting atau Start Up windows 10 anda.

    Caranya :Klik kanan pada start menu, kemudian pilih control panel kemudian system. Setelah jendela baru terbuka, pilih "Advance System Setting" pada sidebar sebelah kiri. Kemudian pada
     pop up System Properties, klik Setting pada area Performance.

    Pada jendela ini, anda bisa merubah Effek Visual untuk mempercepat kinerja windows anda, check pada bagian "Adjust for Best Performance" jika anda ingin menghilangkan efek2 windows yang membuat PC anda lemot. Untuk mengatur Virtual Memory, lanjutkan dengan :

    Klik Tab Advance, kemudian klik Change pada area Virtual Memory. Kemudian UnCheck bagian " Automatically manage paging file size for all drives" agar anda bisa merubah besaran Virtual Memory.

    Agar meningkatkan kecepatan start up windows 10 anda, geeksinphoenix menyarankan anda menggunakan Rumus 1.5 x RAM untuk Initial Size dan Maximum 3 x Initial Size sbb :

    Initial Size = 1.5 x kapasitas RAM
    Maximum Size = 3 x Initial Size

    Jadi, misalnya PC atau Laptop anda memiliki RAM 4 GB ( 4 x 1024 MB = 4096MB), maka Initial Size anda adalah 1.5 x 4096 MB = 6144 MB dengan Maximum Page File Size, 4 x 6144MB = 18432 MB.

    Klik Set kemudian Save dan Klik Apply. Jika komputer anda meminta Reboot, Reboot komputer anda agar komputer mengaplikasikan perubahan Virtual Memory yang baru anda lakukan.


    4. AMD Power Saver

    Jika anda menggunakan Graphic Card AMD, ada satu fitur dari AMD yang sering menjadi penyebab start up lemot, yaitu fitur Fitur AMD Power Saver. Oleh karena itu, jika cara-cara diatas gagal, periksalah graphic card yang anda gunakan, jika menggunakan Graphic Card dari AMD matikan saja fitur AMD Power Savernya agar booting windows anda menjadi lebih cepat, caranya :

    1. Klik Search kemudian ketika "regedit"
    2. Klik View pada Tab diatas window regedit kemudian pilih Find...
    3. Pada kolom Find What: ketik kata EnableULPS kemudian klik Find Next
    4. Windows kemudian akan mencari registry yang dimaksud. Jika ditemukan windows akan menandai registry EnableULPS tersebut.
    5. Lanjutkan dengan double klik registry yang dihighlight kemudian ganti valuenya dari 1 menjadi 0.

    Hal ini akan menon aktifkan fitur AMD Power Saver sehingga penggunaan batery untuk laptop anda akan menjadi lebih boros tapi menjadi lebih cepat ketika start up dan booting windows 10 anda.

    5. Matikan Fitur Linux Terminal

    Ada satu cara lagi yang bisa anda tempuh untuk mempercepat booting windows anda yaitu dengan cara mematikan fitur linux terminal. Fitur Linux Terminal adalah fitur baru yang ditambahkan microsoft untuk membantu developer membuat program pada sistem operasi windows 10. Akan tetapi jika fitur ini menjadi penyebab start up windows anda menjadi lama. Anda bisa mematikan fitur linux terminal ini untuk mempecepat start up windows 10 anda. Caranya :

    1. Klik kanan logo windows anda kemudian pilih Program and Features
    2. Klik  tulisan Turn Windows features on or off pada sidebar sebelah kiri untuk membuka pop up fitur windows 10 anda
    3. Scroll kebawah sampai anda menemukan Windows Subsystem for Linux (Beta), klik untuk unchek fitur tersebut.
    4. Close kemudian restart laptop anda.

    Menon aktifkan fitur Linux Terminal akan mempercepat booting windows anda.

    6. Fresh Install atau Downgrade

    Terkadang meskipun kita sudah melakukan cara-cara mempercepat booting atau start up windows 10 diatas. Start up atau Booting windows anda masih tetap terasa lemot. Maka, tidak ada pilihan lain jika anda masih ingin booting windows anda menjadi lebih cepat selain Fresh Instal atau Downgrade windows 10 anda ke versi windows sebelumnya.

    Ketika anda mereset windows anda, jangan lupa untuk memback up data dan files anda pada eksternal hard disk karena fitur ini akan menghapus semua data dan file pada laptop anda. Search kata reset kemudian klik "Reset to recommended setting" kemudian klik Apply & Close. Langkah ini akan mengembalikan semua custom setting yang anda lakukan pada program-program yang terinstal pada laptop tersebut ke keadaan default.

    Jika cara "Reset to Recommended Setting" masih tidak membuahkan hasil, maka langkah terakhir yang bisa anda tempuh adalah dengan cara downgrade windows 10 anda ke versi windows sebelumnya. Caranya hampir sama dengan reset to recommended setting, hanya saja kali ini pilih "Reset This PC" kemudian klik Get Started, dan piliha antara 1 pilihan untuk menyimpan semua files anda atau menghapus semua file yang tersimpan pada laptop anda.

    Atau jika cara-cara diatas masih gagal, mungkin sebaiknya anda menghapus semua file pada harddisk anda kemudian melakukan fresh instal windows 10 pada laptop anda menggunakan DVD Instaler windows.

    Demikian, cara mempercepat start up atau booting laptop windows 10 anda, kami harap langkah2 diatas bisa mempercepat booting windows anda sehingga tidak perlu lama lagi untuk menggunakan laptop anda.

    Terima kasih telah membaca artikel Juara Bersama dengan judul Cara Mempercepat Start Up atau Booting Laptop Windows 10, semoga artikel yang kami tulis diatas bisa bermanfaat untuk menyelesaikan berbagai problem komputer anda, dan jangan lupa untuk mensubscribe dan menshare artikel ini agar lebih banyak orang yang mengalami start up lemot bisa menyelesaikan masalahnya.



    Sumber :
    http://www.expertreviews.co.uk/software/operating-systems/1403760/how-to-fix-the-windows-10-slow-boot-bug
    www.makeuseof.com/tag/windows-10-slow-boot-issues/
    dll.





    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments