Cara Merekam Layar Android

Advertisement
Daftar Isi
    img by versionfull.blogspot.co.id
    Terkadang kita memang ingin merekam aktivitas yang kita lakukan di Android Device yang kita miliki, entah hanya untuk menshare walkthrough game yang sedang kita mainkan, membuat sebuah guide yang akan kita share dalam bentuk video atau banyak keperluan lain yang akan lebih baik jika kita jelaskan dalam bentuk video agar lebih mudah diikuti dan dimengerti oleh orang lain yang menonton video kita.

    Sayang sekali, kepentingan kita untuk membuat sebuah video dari tangkapan layar yang kita lakukan terkendala oleh Sistem Operasi Android yang kita gunakan. Karena Google sebagai Developer Sistem Android tidak menyediakan Built-In Tool yang bisa kita gunakan untuk merekam layar Android. Padahal, tool seperti ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang, dari seorang profesional yang ingin merekam tangkapan layarnya maupun orang biasa yang hanya ingin menshare guide atau tutorial Android agar bisa lebih mudah diikuti dan dipahami.

    Tapi, jangan khawatir Juara Bersama blog akan memberikan sebuah artikel yang akan bermanfaat bagi anda yang ingin merekam layar Android anda yang kami berikan  judul "cara merekam layar Android" pada kesempatan ini.

    Cara Merekam Layar Android



    Untuk merekam layar android langsung dari smartphone kita yang menggunakan Sistem Operasi Android, kita akan membutuhkan Aplikasi Google Chrome Browser dan Sebuah Program yang bernama Vysor yang bisa anda download di Google Chrome WebStore serta Aplikasi Free Screen Capturer untuk Windows. So Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah Download dan Instal 3 program yang dibutuhkan tersebut pada komputer anda.
    Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan fitur USB Debugging pada Developer Option Smartphone Android anda. Caranya: masuk ke Setting-About phone dan klik Build/Model Number 7x sampai anda mendapatkan notifikasi bahwa Developer Option di smartphone anda telah aktif. Lanjutkan dengan Masuk ke Setting Developer Option scroll ke bawah sampai anda menemukan Settingan untuk USB Debugging kemudian Aktifkan.

    Jendela Vysor
    Setelah itu colokan USB Smartphone anda ke Komputer kemudian buka aplikasi Vysor pada layar Google Chrome App, setelah aplikasi Vysor terbuka lanjutkan dengan klik Find Device, Smartphone anda harusnya muncul pada layar pencarian Vysor, klik pada Smartphone untuk memilih kemudian Klik Tombol Select.

    Android anda akan memunculkan Pop Up yang bertanya apakah anda akan mengizinkan USB Debugging, kemudian klik Oke dan Never Show This Again agar Smartphone anda tidak bertanya lagi kemudian hari. Saat ini harusnya anda sudah bisa melihat Layar Android anda pada Jendela Vysor di Komputer.

    Untuk Merekam Layar Android, buka Aplikasi Free Screen Capturer yang telah anda download sebelumnya kemudian pilih Capture a Region. Gunakan Mouse untuk membuat Region di sekitar Layar Android pada Jendela Vysor anda dan Selesai. Sekarang anda sudah bisa merekam layar Smartphone Android anda dan Aplikasi Free Screen Capturer akan menyimpan rekaman Aktivitas pada layar Android anda di Komputer.

    Yah, bagaimanapun. Cara Merekam Layar Android yang kami jelaskan diatas masih terlalu ribet untuk dilakukan karena  kita jadi tidak bisa merekam Aktivitas Layar Android kapan saja dan dimana saja karena hanya bisa digunakan didekat Komputer. Mari kita berharap, semoga kedepannya Google sebagai Developer Sistem Operasi Android untuk Smartphone akan menyediakan Built-In Tool untuk merekam layar Android pada Rilisan-Rilisan Android di Masa Depan.

    Sekian, artikel Tutorial Juara Bersama dengan judul "Cara Merekam Layar Android", semoga artikel tutorial ini bisa membantu anda dalam kegiatan anda. Silahkan share artikel ini di Media Sosial anda jika anda merasa Artikel yang kami tulis diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi orang lain.

    Terima kasih telah berkunjung ke blog Juara Bersama dan jangan lupa Subsribe agar anda tidak melewatkan Artikel2 Menarik lainnya di Juara Bersama.

    Salam Juara,
    Penulis

    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments