-->

Composer adalah ..

Advertisement
Daftar Isi
    composer logo by get.composer.org
    Kali ini kita akan sedikit membahas sedikit tentang composer.

    Pengertian Composer 

    Composer adalah alat management dependencies untuk php, composer biasanya digunakan untuk mengembangkan web berbasis framework.

    Composer dikembangkan pertama kali pada bulan April tahun 2011 oleh Nils Adermann dan Jordi Boggiano, yang terinspirari dari Node.js's "npm" dan Ruby's "bundler". Composer dibuat untuk memudahkan developer dalam membuat website berbasis framework dengan mengumpulkan semua libraries dan dependency yang dibutuhkan suatu proyek pada satu tempat secara automatis.

    Apa Manfaat Composer ?

    Beberapa manfaat menggunakan composer bagi developer diantaranya :
    • Membuat kita ngoding PHP lebih terstrukur dengan konsep MVC.
    • Tidak perlu meng-include semua file php atau class php yang dibutuhkan, sudah ada autoload yang menhandle fungsi tersebut.
    • Package yang dibutuhkan akan otomatis terpasang pada composer tanpa harus meng-include kan terlebih dahulu
    • Dengan menggunakan packagist, kita dapat menggunakan ribuan package yang sudah ada di composer
    Well, dengan semua manfaat menggunakan composer diatas, jelas sebagai developer website anda harus lebih sering menggunakan composer dalam setiap proyek web berbasis framework anda.

    Framework apa yang support composer?

    Menurut wikipedia, terdapat berbagai framework yang bisa dikembangkan menggunakan composer, diantaranya :
    • Symfony version 2 and later
    • Laravel version 4 and later
    • CodeIgniter version 3.0 and later
    • CakePHP version 3.0 and later
    • FuelPHP version 2.0 and later
    • Drupal version 8 and later
    • SilverStripe version 3.0 later
    • Magento version 2.0 later
    • Yii version 1.1 and later
    • Zend Framework version 1 and later
    • Silex (web framework)

    Dimana Mendapatkan Composer? 

    Setelah mengetahui berbagai framework dan manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan composer, anda pasti ingin langsung menggunakan composer untuk setiap project web framework anda.

    Beruntung untuk para developer, semua manfaat composer tersebut bisa anda dapatkan dengan gratis dengan mendownload langsung composer pada website officialnya, www.getcomposer.com.

    Cara menginstal composer?

    Terdapat 2 cara untuk menginstal composer pada lokal komputer anda, yaitu menggunakan windows installer atau dengan cara command line installation.

    1. Windows Installer

    Untuk menginstal komputer pada komputer anda menggunakan windows installer, anda cukup download kemudian jalankan composer-setup.exe, composer setup akan mendownload composer versi terbaru untuk anda dan mengeset environtment varible di komputer anda sehingga anda bisa menjalankan composer di dalam folder manapun di komputer anda.

    2. Command Line Installation

    Cara Install Laravel menggunakan Command Line Installation memberikan keleluasaan bagi anda dimana anda akan menginstal dan menjalankan composer pada komputer anda, tapi akan membutuhkan skill command prompt jika anda ingin menginstall composer melalui command line installation.

    a. Tentukan dimana anda akan menginstall composer

     Hal pertama yang anda lakukan jika ingin menginstall composer menggunakan command-line installation adalah tentukan dimana anda akan menginstall composer. Dengan catatan, apabila anda ingin program composer bisa digunakan oleh semua user pada komputer anda, pastikan folder yang anda pilih sudah writable for everyone. Setelah anda menentukan dimana anda akan menginstall composer, buka command prompt (win+R) anda kemudian ketik cd (change directory) PATH to directory yang sudah anda tentukan kemudian klik enter.

    Kemudian lanjutkan dengan ketik

    php -r "eval('?>'.file_get_contents('https://getcomposer.org/installer'));"
    


     Yang berfungsi untuk mendownload composer pada folder yang anda tentukan.
    Jika anda sudah memiliki curl pada komputer anda, anda bisa menggunakan cara lain untuk mendownload composer, yaitu dengan cara mengetikan command

    curl -s https://getcomposer.org/installer | php
    

    Jika terdapat error saat menginstall composer, baca pesan error yang ditampilkan kemudian koreksi php.ini anda, atau ketik php.composer.phar pada command promp anda untuk membuka composer help.

    b. Membuat file shim

    Untuk membuat komputer mengerti bagaimana menjalankan script composer.phar anda harus membuat membuat file shim terlebih dahulu.

    Pertama, buat sebuah file baru dan beri nama composer.bat pada folder anda kemudian ketik script berikut ini, dan simpan.

    @ECHO OFF
    php "%~dp0%composer.phar%" %*
    

    Lanjutkan dengan membuat file baru dengan nama composer (tanpa extension) dan ketik script berikut ini kemudian simpan


    #!/bin/sh
    
    # This file must be saved with Unix line endings, or Cygwin will choke
    
    dir=$(d=$(dirname "$0"); cd "$d" && pwd)
    
    if command -v 'cygpath' >/dev/null 2>&1; then
      dir=$(cygpath -m $dir);
    fi
    
    dir=$(echo $dir | sed 's/ /\ /g')
    php "${dir}/composer.phar" $*
    

    Terakhir, anda harus menambahkan folder anda pada path anda. Kemudian restart command line anda agar settingan anda terload kemudian ketik composer, apabila anda mengikuti langkah diatas dengan benar anda akan melihat composer help ditampilan di dalam cmd anda. 

    Selesai, composer sudah terinstall di komputer anda. 

    Full dokumentasi dapat anda baca di http://getcomposer.org/ dan semua package yang terdapat pada composer bisa anda cari di https://packagist.org/.

    Terima kasih telah membaca artikel kami tentang composer, jika anda menemukan kesulitan ketika menginstall composer atau memiliki saran dan kritik untuk perkembangan blog ini, silahkan tulisakan di kolom komentar dibawah.


    Sumber :

    https://getcomposer.org/
    https://en.wikipedia.org/wiki/Composer_(software)
    https://idcloudhost.com/pengertian-dan-manfaat-composer-bagi-developer/
    https://github.com/composer/windows-setup/wiki/Manual-installation
    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments