-->

5 Framework PHP Terbaik untuk Pengembangan Web

Advertisement
Daftar Isi
    Php Framework by. Google.com


    Seperti yang kita ketahui saat ini php telah menjadi bahasa pengembangan web yg digunakan oleh hampir semua website-website yang ada di internet. Pada pengembangan selanjutnya, bahasa php telah melahirkan banyak sekali framework berbasis php yang digunakan dalam pengembangan web.

    Pada artikel kali ini, kita akan memilih 5 framework php terbaik yang cocok untuk dipakai sebagai basis pengembangan web pada tahun 2020.  Langsung saja,

    1. Framework Laravel


    Laravel Framework adalah salah satu framework php yang banyak digunakan oleh pengembang web saat ini. Laravel menawarkan banyak sekali kelebihan diantara framework-framework php lainnya, diantaranya :

    Mudah & Dokumentasi Lengkap

    Platform yang menarik dan mudah digunakan. Jika kamu bukan seorang yang expert dalam bidang web development, akan tetapi kamu memiliki basic pemahaman PHP yang baik, maka kamu akan dengan mudah memahami strukturnya, sebab dokumentasi yang disediakan tergolong kedalam dokumentasi yang sangat baik, rapi, mudah dan jelas.

    Open Source

    Laravel adalah framework open source yang dapat digunakan secara gratis yang memungkinkan kamu untuk membuat web aplikasi yang besar dan kompleks dengan mudah. Hanya dengan bermodalkan editor dan web server yang telah terinstall PHP untuk memulai.

    Arsitektur MVC

    Dengan menggunakan pola MVC, kita dapat membuat struktur kode yang lebih rapi dimana pola tersebut memisahkan antara logika dan view. Arsitektur MVC dapat meningkatkan performance, memiliki beberapa fungsi built-in (adalah fungsi yang dapat langsung digunakan), penulisan dokumentasi yang lebih baik.

    Blade Template

    Hal yang menarik lainnya yang dimiliki Laravel adalah Blade Template, selain unik juga sangat cantik sehingga menarik perhatian untuk digunakan. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan Blade Template dapat memetakan template yang anda miliki dengan membanginya menjadi beberapa bagian sehingga menjadi lebih mudah untuk di maintenance. Didalam dokumentasi resminya, Laravel menyebutkan dua manfaat menggunakan blade template, yakni: inheritance (dapat diwariskan) dan section.

    Memiliki Fitur Migration

    Migration adalah salah satu fitur utama yang dimiliki oleh Laravel. Dengan migration memungkinkan anda untuk mempertahankan struktur database yang anda miliki tanpa harus membuatnya kembali. Migration memungkinkan anda untuk menuliskan code php untuk mengatur database. Dengan migration pula anda dapat mengembalikan beberapa perubahan terakhir yang anda lakukan pada database. Keren bukan?

    Keamanan

    Laravel memberikan anda beberapa pilihan penting yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi anda tetap aman. ORM Laravel menggunakan PDO yang dapat mencegah SQL Injection. Memiliki proteksi csrf token, dan banyak hal lainnya.


    2. Framework CodeIgniter


    CodeIgniter adalah framework aplikasi berbasis web yang mengusung model MVC (Model, View, Controller). Salah satu framework PHP ini dapat menjadi tools bagi seorang web developer untuk mengembangkan suatu situs dengan lebih mudah. CodeIgniter bersifat open source (tidak berbayar) sehingga framework PHP ini dapat dengan mudah Anda dapatkan.

    CodeIgniter memiliki sejumlah kelebihan yang membuat para web developer mempertimbangkan untuk memilih framework PHP ini dibandingkan dengan framework PHP lain, diantaranya :

    1. Performa yang Cepat

    Framework ini diklaim memiliki performa yang cukup cepat dibandingkan framework-framework seperti Cake, Symfony, Yii, dan Laravel. Oleh sebab itu dari keunggulan ini, para web developer memilih untuk menggunakan CodeIgniter dibandingkan dengan framework PHP lain.

    2. Konfigurasi yang Sederhana

    Pada CodeIgniter, para web developer dapat melakukan konfigurasi file dengan lebih sederhana. Konfigurasi pada CodeIgniter yang sederhana merupakan keunggulan lain yang dimiliki oleh framework PHP ini. Anda hanya perlu melakukan perubahan simpel pada config jika ingin melakukan konfigurasi.


    3. Framework CakePHP


    CakePHP adalah sebuah frame work yang digunakan untuk membuat aplikasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) berbasis pemrograman PHP, berfungsi sebagai alat pengembang aplikasi yang memudahkan bagi programmer PHP untuk secara cepat membuat project nya,  karenanya cakephp memungkinkan pengguna PHP di semua tingkatan untuk secara cepat mengembangkan aplikasi web yang kuat.

    CakePHP hadir sebagai alternatif bagi Anda yang masih kesulitan mempelajari framework. Sesuai dengan namanya, CakePHP  menawarkan kemudahan dalam membuat aplikasi web dengan cepat (RAD: Rapid Application Development), menjadikan belajar framework se-enak menikmati kue favorit. Contohnya, dengan fitur Scaffolding, Anda bisa membuat operasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) hanya dengan menambahkan code : var $scaffold pada file controller anda, padahal kalau Anda membuatnya secara manual membutuhkan bahkan ratusan baris kode.

    4. Framework Symfony


    Symfony adalah salahsatu dari sekian banyak framework yang ditulis dalam php, symfony di rilis pada tahun 2005 oleh Fabien Potencier. Symfony disusun sesuai standar PSR (PHP standard recommendations) sehingga kualitas dari symfony tidak perlu dipertanyakan lagi.  Symfony secara keseluruhan dibuat dengan PHP 5, dan untuk koneksi database, symfony menggunakan doctrine sebagai providernya,symfony juga murni berbasi OOP (object oriented programing), lain halnya dengan php murni, di symfony kita tidak perlu menuliskan lagi kode PHP dari awal, karna symfony akan otomatis menggenerate class object untuk kita. Framework symfony memiliki beberapa kelebihan, diantaranya: Mudah untuk di indtal dan di konfigurasi pada kebanyakan platform Kompatible dengan banyak engine database seperti : MYSQL, ORACLE, MS SQL SERVER, dll) Kode yang mudah dibaca Mudah untuk dikembangkan Disediakan integrasi dari vendor libary yang lain.

    5. YII Framework


    YII  Framework mempunyai  kepanjangan  Yes  It  Is.  YII Framework bisa digunakan untuk membangun aplikasi web seperti ecommerce, cms , forum dan banyak lagi  yang  lain. Disini  saya ingin bagi tentang cara instal YII Framework di OS  Windows7 Framework adalah kumpulan dari fungsi-fungsi/prosedur-prosedur dan class-class untuk tujuan tertentu yang sudah siap digunakan. Sehingga bisa mempermudah dan mempercepat pekerjaan seorang programmer, tanpa harus membuat fungsi atau class dari awal. Dengan adanya framework, pekerjaan kita akan lebih tertata dan terorganisir. Sehingga dalam pencarian kesalahan dalam pembuatan program akan  lebih  mudah  dideteksi.

    Ada beberapa alasan mengapa banyak pengembang web memilih yii framework diantaranya :

    1. Mudah di Install

    Bagi para pengembang web, waktu adalah uang, dan tidak ada yang ingin menghabiskan waktu hanya untuk proses instalasi dan konfigurasi yang rumit. Instalasi Yii framework ditangani oleh Composer, dan proses instalasi dan konfigurasi terbilang mudah.

    2. Teknologi Modern

    Yii framework menggunakan OOP (object oriented programming) dan menggunakan keunggulan dari PHP untuk fitur yang lebih baik. Hal tersebut termasuk late static binding, SPL classes and interfaces dan anonymous funstions.

    3. Sangat Fleksibel

    Apa yang membuat Yii framework benar-benar popular adalah kemampuannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Setiap komponen dari framework secara virtual sangat fleksibel.

    4. Testing

    Yii framework diintegrasikan dengan Codeception. Codeception merupakan framework pengujian PHP yang dapat membantu menyederhanakan proses untuk membuat pengujian unit, fungsional dan penerimaan untuk aplikasi yang kita buat. Ekstensi Codeception membuat simpel untuk mengkonfigurasi aplikasi selama proses pengujian.

    5. Keamanan

    Keamanan merupakan faktor yang sangat penting untuk setiap aplikasi web, dan bagusnya Yii memiliki banyak fitur yang bagus untuk membantu mengamankan aplikasi web. Yii datang dengan komponen aplikasi security yang memiliki beberapa metode untuk membantu membuat aplikasi yang lebih aman. Metode yang digunakan diantaranya: GeneratePasswordHash, validatePassword dan generateRandomKey.

    6. Waktu Pengembangan Yang Lebih Cepat

    Kebanyakan proyek melibatkan sejumlah task yang berulang dan tidak ada yang mau membuang-buang waktu dengannya. Yii memberikan beberapa tool yang dapat membantu untuk mengurangi waktu yang dihabiskan untuk task semacam ini, dan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan aplikasi seperti kebutuhan klien.

    Salah satu tool yang bagus dari Yii adalag Gii. Gii merupakan tool scaffolding kode berbasi web, yang memungkinkan kita untuk secara cepat membuat template kode untuk: Model, controller, form, module, extension, serta CRUD controller action dan view.

    7. Mudah di-Tune Untuk Kinerja Yang Lebih Baik

    Yii framework menyediakan beberapa tool yang dapat membantu untuk mempercepat kinerja aplikasi yang kamu buat.


    Demikian artikel tentang 5 Framework php terbaik saat ini. Dimasa depan mungkin akan banyak bermunculan framework-framework php lain yang lebih baik dari 5 framework diatas. Namun untuk saat ini, penulis yakin 5 framework diatas adalah framework php terbaik untuk saat ini. Menurut anda bagaimana? Framework mana yang biasa anda pakai untuk pengembangan aplikasi berbasis web? Tuliskan dikolom komentar ya, terima kasih sudah membaca artikel berjudul

    5 Framework Terbaik untuk Pengembangan Web

    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments