Framework Pengembangan Web Terbaik

Advertisement
Daftar Isi
    Framework Pengembangan Web
    Sebelum membuat aplikasi web, Anda harus mengidentifikasi framework yang akan Anda kembangkan.Framework berfungsi sebagai platform dukungan untuk mengembangkanaplikasi web dan dapat melengkapi fitur yang Anda rencanakan untuk aplikasi web Anda. Jika Anda tidak menyukai bahasa pemrograman tertentu, Anda mungkin ingin memilih framework yang berfungsi baik dengan bahasa itu.

    Berikut adalah beberapa framework aplikasi pengembangan web yang saat ini populer di kalangan pengembang:

    ruby on rails logo

    Ruby on Rails

    Ruby on Rails adalah framework open source server-side web application. Rails juga merupakan framework Model-View-Controller (MVC) yang menyediakan struktur default untuk database, web service, dan web pages. Rails memiliki komunitas pengembang yang luar biasa ramah. Framework apa pun dengan komunitas aktif adalah berkah bagi pengembang baru karena Anda akan memiliki akses ke resources, guides, dan case studies yang tersedia untuk anda gunakan.

    Kami pribadi merekomendasikan Rails karena merupakan open source, yang dilengkapi dengan library referensi besar dan beberapa tool hebat untuk membuat aplikasi yang berfokus pada fitur.

    CodeIgniter logo

    CodeIgniter

    Codeigniter adalah framework PHP yang kuat, mudah digunakan dan juga memiliki feature toolkit yang besar untuk pengembangan aplikasi. Selain sangat ringan, framework ini dilengkapi dengan dokumentasi yang sangat baik dan mudah dimengerti. CI memiliki koleksi library yang lengkap, membuatnya mudah dipelajari, dikembangkan, dan digunakan. Codeigniter dikenal menawarkan fleksibilitas dan manajemen yang mudah dengan bantuan framework berbasis MVC. Codeigniter juga memungkinkan Anda untuk menggunakan skrip yang ada di samping library core pribadi Anda. Jika Anda seorang programmer PHP pemula, Codeigniter adalah framework yang baik untuk memulai mengembangkan aplikasi web.

    express.js

    Express.js

    Sebelum Anda mulai dengan Node.JS, kami sarankan Anda untuk memulai dengan Express.js. Express.js adalah framework berbasis Node.js prebuilt yang memungkinkan Anda membuat aplikasi web lebih cepat, lebih cerdas dengan lebih banyak berfokus pada fleksibilitas dan skalabilitas. Anda mendapatkan, pertama, tingkat kinerja yang hampir sama dengan framework Node.js dan, kedua, serangkaian fitur yang kuat untuk aplikasi web dan seluler. Anda dapat mengembangkan aplikasi web single page, multi page atau hybrid dengan Express.js. Express.js ditulis dalam JavaScript, membuatnya sangat mudah untuk diprogram. Beberapa pengembang web berpendapat bahwa bekerja dengan Express mempercepat pengembangan program mereka. Dalam 5 tahun pengembangan framework Express.js, saya katakan bahwa framework express.js sudah matang untuk digunakan dalam pengembangan. Framework ini kami rekomendasikan untuk advanced developers.

    AngularJS

    AngularJS

    AngularJS adalah framework open source yang dikelola oleh Google dan beberapa komunitas developer lainnya. AngularJS adalah salah satu framework JavaScript paling populer. Framework ini memungkinkan pengembang untuk memperluas syntax HTML untuk pengembangan aplikasi berbasis web. AngularJS memiliki waktu loading yang singkat dan bagus untuk pengembangan aplikasi streaming video, aplikasi ulasan pengguna, aplikasi perjalanan, aplikasi cuaca, e-commerce, dan aplikasi media sosial (LinkedIn menggunakan AngularJS untuk aplikasi mobile-nya).

    Karena menggunakan HTML sebagai bahasa deklaratif, AngularJS cukup intuitif. AngularJS sangat bagus untuk pengembangan front-end yang cepat karena tidak memerlukan plugin atau framework lain. AngularJS dikelola oleh Google, jadi ada komunitas besar di luar sana yang bisa membantu anda dalam pengembangan aplikasi angularJS.

    CakePHP

    CakePHP

    CakePHP menawarkan full-stack framework dan dianggap sebagai salah satu framework PHP paling komprehensif di luar sana. Konfigurasi yang mudah membuat cakePHP sangat populer di kalangan pengembang.CakePHP memungkinkan pengembang untuk menggunakan utility classes apa pun ke dalam aplikasi mereka sendiri atau menggunakan kelas router khusus untuk membuat micro-framework. CakePHP menawarkan API yang mendukung semua jenis driver database atau tipe database untuk driver PDO dan asli. CakePHP sangat cocok untuk aplikasi web yang tidak terlalu mahal.
    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments