Cara Mengatasi Komputer a Disk Read Error Occurred

Advertisement
Daftar Isi
    Dalam kebanyakan kasus Disk Error dapat muncul karena salah satu alasan berikut:
    1.      Konfigurasi MBR salah atau tidak valid
    2.      Tabel partisi yang tidak terkonfigurasi dengan benar
    3.      Hard drive rusak
    4.      Kabel IDE gagal
    5.      Memori RAM rusak
    6.      Versi BIOS komputer Anda tidak Sesuai
    Kasus yang paling umum yang menyebabkan disk error adalah kesalahan MBR ke startup system disc atau karena tidak adanya partisi aktif pada startup disc anda. Dalam situasi ini, rekomendasi di bawah ini akan memperbaiki masalah pada komputer anda. Tergantung pada penyebab masalah disk error occured di komputer. Jika permasalahan terjadi karena adanya masalah dengan hardware komputer kemungkinan penggantian komponen sistem mungkin dibutuhkan.



    Penyebab Disk Read Error Occurred

    Disk Read Error Occured pada komputer biasanya disebabkan oleh 2 hal berikut ini :

    Baca Juga : Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

    Penyebab Disk Read Error 1 : Kesalahan pada Konfigurasi MBR


    Penyebab paling umum untuk disk error ini adalah konfigurasi MBR yang salah. Yang biasanya disebabkan karena kesalahan penulisan disk, infeksi virus atau komputer mati secara tiba-tiba.

    Penyebab Disk Read Error 2 : Konfigurasi Salah pada Tabel Partisi


    Sama seperti penyebab error diatas, konfigurasi tabel partisi yang salah juga bisa menjadi penyebab disk error. Jika itu masalahnya, sebaiknya anda membuat kembali tabel partisi harddisk dari awal untuk memastikan sistem tabel partisi pada harddisk anda terkonfigurasi dengan benar dengan benar.

    Cara Mengatasi a Disk Read Error Occurred pada Komputer

    Dibawah ini telah kami rangkum beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk memperbaiki disk read error pada komputer. Diantaranya :

    Cabut semua USB External dan DVD External dari Komputer



    Cabut semua perangkat penyimpanan yang terhubung ke komputer Anda termasuk DVD drive, USB, atau hard disk eksternal. Kemungkinan komputer Anda mencoba melakukan booting dari salah satu perangkat yang terhubung karena booting priority dari USB anda aktif. Untuk mengatasinya silahkan masuk ke program bios komputer anda kemudian setting boot priority komputer anda agar melakukan boot dengan disk yang benar. 

    Baca Juga : Cara Membuat Bootable USB Disk untuk Windows 10

    Reset/Update BIOS


    Melakukan reset bios bisa menyelesaikan permasalahan disk error karena reset akan mengembalikan seluruh settingan bios anda ke pengaturan default pabrik. Dengan cara ini juga bisa mengatasi berbagai permasalahan hardware pada komputer.

    Cara Mereset Bios Komputer :

    1.  Reset Komputer kemudian tekan F2 atau Del pada keyboard untuk masuk ke settingan bios komputer. 
    2. Pilih Load Setup Defaults atau pilihan lain yang serupa tergantung pada versi bios anda, misalnya apply defaults atau load default settings, factory settings, dll. 
    3. Tekan Enter untuk mereset bios komputer, jika mucul konfirmasi windows pilih Yes untuk mengonfirmasi pilihan anda. 
    Atau anda juga bisa melakukan update bios komputer anda untuk mengatasi disk error pada komputer jika versi bios anda belum terupdate ke versi terbaru.

    Cara Memperbaiki MBR dan Boot Komputer

    Memperbaiki file MBR dan Boot bisa menjadi solusi permasalahan disk error anda jika system’s boot sector atau MBR (Master Boot Record) komputer Anda corrupt atau rusak. Untuk melakukan perbaikan mbr dan boot sector anda membutuhkan disc instalasi windows anda atau repair disc windows anda. Jika disc instalasi windows anda hilang anda harus membuat disk instalasi lain dengan Windows ISO dan Win32DiskImager atau menggunakan usb flashdisk yang sudah diisi dengan file instalasi windows.

    Caranya :
    1. Boot komputer menggunakan media yang anda pilih diatas.
    2. Klilk "Repait This Computer" yang terletak di pojok kanan bawah jendela instalasi windows.
    3. Pilih versi sistem operasi yang terinstall di komputer anda kemudian klik next
    4. Pilih Command Prompt pada pilihan recovery system yang muncul.
    5.  Jalankan program CHKSDK dengan  mengetik chkdsk X: /r (ganti X dengan Drive Letter yang bermasalah) dan tunggu hingga chksdk selesai melakukan scan dan perbaikan. 
    6. Kemudian lanjutkan dengan mengetik Bootrec /fixboot untuk memperbaiki boot sector di komputer.
    7. Lanjutkan dengan Bootrec /fixmbr untuk memperbaiki mbr di komputer anda. 
    8. Setelah selesai, ketik exit untuk menutup jendela command prompt kemudian restart komputer.

    Cek Kabel Hardisk


    Jangan lupa untuk memeriksa kabel Hard Drive SATA (IDE) Anda untuk kesalahan pembacaan disk. Periksa apakah longgar atau rusak dengan melakukan test kabel menggunakan perangkat Multimeter. Perangkat Multimeter ini tersedia di setiap bengkel elektronik. Ganti kabel dengan yang baru jika kabel sudah rusak.

    Cek Memory RAM


    Memory RAM yang rusak bisa menyebabkan berbagai masalah pada komputer seperti bsod (blue screen of death), program crash, data corrupt dan disk read error. Itulah kenapa anda sebaiknya melakukan memory test secara teratur setiap bulan untuk memperbaiki disk read error.

    Cara Melakukan Memory Test (RAM)

    Cek RAM Langkah 1: Download Memtest86, tool gratis untuk memeriksa RAM komputer Anda di tingkat hardware.

    Cek RAM Langkah 2: Jika Anda baru menambahkan RAM, copot ram baru anda kemudian restart komputer untuk memeriksa apakah error masih terjadi. Anda juga dapat menukar slot RAM pada motherboard kemudian cek apakah masalah disk read error sudah diatasi ketika anda restart komputer.


    Baca Juga : 10 Laptop Termurah dengan Intel Core i5 Tahun 2020

    Coba Hardisk di Komputer berbeda

    Jika Anda telah mencoba semua solusi dan tidak ada yang berhasil, keluarkan hard drive Anda dan sambungkan ke PC atau laptop yang berbeda. Anda juga dapat mencoba menghubungkannya ke PC yang sama melalui port USB dan menggunakan BIOS untuk memilih drive sebagai drive yang dapat di-boot dalam urutan prioritas boot.

    Ini akan membantu Anda mengetahui apakah hard disk Anda rusak dan rusak atau jika ada masalah perangkat keras utama dengan PC Anda seperti banyak orang melaporkan yang melacak masalah ini ke kartu video, motherboard, dan bahkan catu daya yang rusak.

    Jika disk terdeteksi pada PC lain atau yang sama melalui koneksi USB, jalankan utilitas CHKDSK untuk memindai dan memperbaiki bad sector dan masalah lain dengan hard disk.

    Jika solusi ini juga tidak membantu, itu dikonfirmasi bahwa hard disk Anda rusak karena kesalahan internal yang disebabkan oleh bad sector atau drive gagal. Jika hard drive masih dalam garansi, Anda dapat menghubungi pabrik hard drive Anda dan meminta pengganti atau RA (Return Authorization).
    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments