-->

Cara Mengatasi Virus ShortCut di Komputer - Basic Komputer .Com

Advertisement
Daftar Isi
    Virus Shortcut adalah salah satu virus yang paling sering ditemui pengguna komputer karena cepatnya penyebaran virus. 

    Meskipun virus jenis shortcut tergolong ke dalam virus yang tidak berbahaya karena tidak merusak komputer dan file. Jika komputer anda terinfeksi virus shortcut, gejala yang paling mudah dilihat adalah dengan munculnya file-file shortcut pada disk drive anda. 

    Yang jika dibiarkan akan terus berkembang dan semakin banyak file yang disembunyikan oleh virus hingga membuat harddisk anda penuh.

    Ciri-ciri Komputer Terinfeksi Virus Shortcut


    1. Terdapat induk virus dengan nama database.mdb pada MyDocuments

    2. Ditemukan file autorun.inf dan file thumb.db atau microsoft.ink dan extensi.ink 

    3. Pada task manager ditemukan wscript.exe yang berjalan. Silahkan matikan aja untuk mencegah perkembangan virus

    4. Muncul file dengan nama "Copy of Shortcut to (1).ink " s/d "Copy of Shortcut to (4).ink "

    5. Juga anda akan mendapati perubahan icon pada flash disk menjadi icon folder dan kemunculan folder recycle (icon sampah) pada setiap drive yang terkoneksi pada komputer.

    Jika komputer anda memiliki ciri-ciri diatas, silahkan lanjutkan membaca untuk menghapus virus shortcut dari komputer anda. 

    Cara Mengatasi Virus Shortcut di PC


    Untuk mengatasi virus shortcut di komputer sebenarnya tidak terlalu sulit dan anda bisa menghapusnya menggunakan antivirus yang terinstall pada komputer anda. Yaitu dengan melakukan full scan kemudian hapus file-file virus yang terdeteksi oleh antivirus anda. Dan hapus file shortcut kosong secara manual dari komputer setelah melakukan scan.

    Kekurangan cara ini adalah terkadang antivirus mendetect file atau folder dan menghapusnya secara bersamaan dengan virus. Sehingga memiliki resiko kehilangan data pada komputer.

    Cara Menhapus Virus Shortcut Melalui Registry

    Bila dibutuhkan amda juga bisa menghapus virus shortcut ini langsung dari registry komputer anda, tanpa melalui antivirus sehingga bisa meminimalisir kehilangan data atau file pada komputer, dengan cara :

    1. Tekan Win+R kemudian ketik Regedit untuk masuk ke folder Registry

    2. Buka folder HKEY_CURRENT_USER > Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Run

    3. Cari file odwcamszas tidak kenal kemudian hapus. Tapi Hati-hati jika anda salah, anda bisa merusak beberapa program pada komputer. Oleh karena itu, pastikan anda benar-benar paham apa yang anda lakukan dan konsultasikan ke google langkah anda agar tidak salah.

    Cara Mengatasi Virus Shortcut dari Flashdisk

    Media utama dalam penyabaran virus komputer adalah flashdisk, oleh karena itu anda harus melindungi flashdisk anda dari komputer yang diduga terinfeksi virus, khususnya virus shortcut yang sedang kita bahas. Namun apabila, flashdisk anda sudah terjangkit virus shortcut maka tidak ada cara lain selain menghapus virus tersebut dari flashdisk anda. Dengan cara 

    1. Klik Start Menu kemudian Search lalu ketik "Folder Option" di kolonm pencarian.

    2. Klik File Explorer Option yang muncul pada hasil pencarian. 

    3. Pada jendela file option pilih tab views. Kemudian buka folder Hidden Files and Folders

    4. Terakhir cek Show Hidden Files, Folders and Drives untuk menampilkan hidden files.

    5. Kemudian unchek pada pilihan Hide protected operating system files (Recommended). 

    Setelah menyelesaikan langkah-langkah diatas, ssharusnya anda sudah bisa melihat file dan folder yang disembunyikan oleh virus shortcut. Hanya saja komputer anda masih terinfeksi oleh virus shortcut. Untuk mbersihkannya, lanjutkan dengan langkah-langkah dibawah ini :

    1. Buka Command Prompt (CMD) sebagai Administrator

    2. Ketik lokasi drive letter flashdisk anda, misalnya F: kemudian enter

    3. Selanjutnya ketik attrib -s -r -h /s /d F:/ untuk melakukan scan flashdisk dan memunculkan semua file tersebunyi yang disembunyikan virus shortcut (ganti huruf F:/ ke drive letter flashdisk anda)

    4. Langkah terakhir yang harus anda lakukan sekarang adalah buka drive flashdisk anda lalu hapus semua folder dan file virus yang anda temukan didalamnya. Ketik del autorun.inf kemudian enter

    Cara Menghapus Virus Shortcut yang Tidak bisa Dihapus

    Jika anda sudah mencoba cara-cara diatas, tapi virus shortcut tetap muncul kembali setiap selesai anda hapus. Anda bisa melakukan langkah-langkah dibawah ini :

    1. Masuk pada Safe Mode sesuai dengan tipe komputer anda untuk menonaktifkan virus shortcut dari booting.

    2. Download USBFix terbaru disini

    3. Install USBFix kemudian jalankan

    Selesai itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghapus virus shortcut dari komputer maupun dari flashdisk. Semoga bermanfaat.
    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments