-->

Cara Mengatasi Windows 10 Tidak bisa Update

Advertisement
Daftar Isi
    Update Sistem Operasi yang terpasang di komputer kita secara berkala sangat dianjurkan oleh Developer Sistem Apapun termasuk Sistem Operasi Windows, karena dalam update Microsoft akan melakukan perbaikan dan penambahan data agar Sistem Operasi Windows yang terpasang pada komputer tetap berfungsi sebaik mungkin dan tahan pada serangan virus atau malware yang dapat merusak komputer.

    Tetapi, ada kalanya kita tidak bisa melakukan update yang akan kita bahas dibawah ini, khususnya untuk sistem operasi yang banyak digunakan di Indonesia, yaitu sistem operasi windows 10. Padahal update sistem itu dibutuhkan untuk menambal lubang-lubang dan memperbaiki keamanan sistem windows 20 sehingga akan sangat berbahaya dan mengerikan jika komputer anda tidak bisa melakukan update. Tapi jangan khawatir, BasicKomputer memiliki cara yang bisa anda tempuh untuk menyelesaikan masalah diatas.

    Logo Windows 10


    Cara mengatasi Komputer Windows 10 Tidak bisa Update


    Restart Komputer

    Kemungkinan Windows telah mengunduh pembaruan terbaru, tetapi sedang menunggu Anda untuk me-restart komputer Anda. Restart PC harus menjadi langkah pertama Anda dalam mencoba menyelesaikan masalah windows tidak bisa update.

    Periksa koneksi internet 

    Langkah kedua yang harus anda tempuh yaitu, pastikan koneksi internet ditempat anda stabil dan cukup untuk melakukan pembaruan dan windows tidak dicegah untuk mengakses internet. Windows tidak dapat mendownload update kecuali terhubung ke internet. Dan jika internet Anda mati saat download update berjalan, seluruh update dapat menjadi rusak. Maka dari itu, Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil sepanjang anda melakukan download update windows 10.

    Cabut semua perangkat penyimpanan eksternal 

    Perangkat penyimpanan eksternal - termasuk hard drive eksternal, USB flash drive, dan lain-lain - dapat menyebabkan masalah dengan proses update. Sebaiknya cabut semua perangkat ini dari komputer Anda. Jika ini tidak memperbaiki masalah, tetap mencabut perangkat saat Anda melanjutkan dengan langkah-langkah selanjutnya.

    Periksa kapasitas hard drive 

    Komputer Anda membutuhkan ruang hard drive kosong untuk menginstal update. Pastikan Anda memiliki cukup ruang. Jika hard disk yang komputer anda miliki dalam keadaan penuh, sebaiknya hapus file-file yang tidak anda butuhkan lagi sampai anda memiliki cukup ruang untuk menginstall update.

    Kemudian lanjutkan dengan :


    • Buka window "This PC" di Windows Explorer. 
    • Periksa hard drive Anda - secara default, ini disebut "C:". Jika tidak ada lagi ruang pada drive, itu mungkin masalahnya - tidak ada ruang untuk menginstall update. 
    • Jika hard drive penuh, kosongkan sebagian  dengan menghapus dokumen dan program, atau berikan ruang lebih banyak pada partisi. 


    Coba perbarui Windows secara manual lagi


    1. Buka menu Start dengan mengklik ikon Windows di kiri bawah layar Anda, atau dengan menekan tombol Windows pada keyboard Anda. 
    2. Klik Pengaturan/Setting, yang terlihat seperti roda gigi. 
    3. Di bagian bawah menu yang terbuka, klik "Security & Update." atau "Keamanan & Pembaruan".
    4. Ini akan membuka menu UPDATE di mana Windows akan menunjukkan kepada Anda segala pembaruan yang tertunda, jika tersedia. Unduh pembaruan dan restart komputer Anda. 


    Sekian, semoga setelah mengikuti langkah-langkah mengatasi Windows 10 tidak bisa update diatas. Masalah komputer anda bisa teratasi dan anda dapat melakukan update windows 10 pada komputer anda secara berkala.
    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments