Cara Menghapus File pada Komputer Secara Permanen - Basic Komputer

Advertisement
Daftar Isi
    Apakah Anda tahu, ketika Anda menghapus sebuah file di PC (baik menggunakan tombol Shift+delete atau mengosongkan recycle bin), sebenarnya file-file tersebut tidak terhapus secara permanen. Windows hanya menghapus index file-file tersebut. Maka dari itu tool semacam Recuva dan Winutilities bisa dengan mudah mengembalikannya.

    Tapi, tidak perlu khawatir disini kita akan mempelajari bagaimana cara menghapus file dari komputer secara permanen dengan tujuan agar file komputer yang sudah dihapus tersebut tidak akan bisa dikembalikan (di-restore) kembali oleh aplikasi manapun.


    Untuk menghapus file dari komputer secara permanen, kita akan menggunakan software SDelete. SDelete adalah software khusus yang dirilis oleh microsoft untuk menghapus file dari komputer secara permanen.

    Bagaimana menggunakan SDelete untuk melakukan overwrite file yang di-delete pada drive c


    Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan overwrite file-file yang di-delete:

    Download file zip dan ekstrak file sdelete pada komputer Anda.
    Tekan tombol Start, ketik cmd pada bagian search box dan tekan “Enter”.


    Window command promopt akan muncul.


    Pindahkan file Sdelete.exe ke C:\User\Nama direktori dimana “Nama” adalah username Windows Anda. Anda bisa masuk dalam direktori ini dengan klik pada link bagian kanan atas start menu.


    Pada bagian command prompt ketikkan command seperti di bawah ini dan tekan enter (lihat screenshot di bawah ini).
    sdelete -z C:


    Ini akan memulai proses cleaning free space pada drive C. Tool ini sebenarnya melakukan secure overwrite dengan membersihkan disk space dan menghapus file-file yang di-delete yang ditemukan.


    Anda bisa merubah command-nya dan melakukan overwrite file-file yang di-delete pada drive lainnya.

    Begitulah cara menggunakan utility kecil ini (hanya 47 KB) untuk menghapus file yang di-delete secara permanen pada komputer Windows. Bahkan Anda tidak perlu melakukan instalasi. Ini adalah tool portable dan Anda bisa memasukkannya dalam flash disk.
    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments