Komponen, Ciri dan Fitur Komputer Generasi Pertama

Advertisement
Daftar Isi
    Komputer Generasi Pertama pertama kali dikembangkan pada tahun 1949. Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum (vacuum tubes) sebagai komponen pembentuk memory maupun cpu (central processing unit)-nya. Tabung-tabung ini, sama seperti tabung elektrik yang menghasilkan panas yang sangat tinggi sehingga membutuhkan pendingin dalam penggunaannya. Selain menghantarkan panas yang tinggi, komputer generasi pertama juga menggunakan daya listrik yang sangat besar dan tidak efisien. Selain itu komputer generasi pertama juga membutuhkan 1 ruangan khusus sebagai instalasinya karena berbentuk sangat besar dengan berat mencapai 30 ton.


    Sistem operasi yang digunakan pada komputer generasi pertama adalah batch processing operating system, dengan menggunakan media tape sebagai alat input dan outputnya. Dengan bahasa pemrograman mesin (bahasa tingkat rendah) yanghanya bisa digunakan sebagai bahasa pemrogramannya.

    Komputer Generasi Pertama

    Komponen Komputer Generasi Pertama

    Komponen utama komputer generasi pertama adalah tabung vakum dan valves.

    Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum sebagai tabung sirkuit-nya dan drum magnetik untuk memori, sehingga bentuknya sangat besar. Tabung vakum dikembangkan oleh Lee De Forest. Tabung vakum adalah perangkat yang biasanya digunakan untuk memperkuat sinyal dengan mengendalikan pergerakan elektron di ruang hampa udara.

    Ciri - Ciri Komputer Generasi Pertama

    Ciri-ciri komputer generasi pertama, diantaranya :
    1. Menggunakan tabung vakum sebagai sirkuitnya
    2. Menggunakan Drum Magnetik
    3. Menggunakan Bahasa Mesin dan Simbol dalam pemrogramannya
    4. Kapasitas Penyimpanan yang Sangat Kecil
    5. Menggunakan Punch Card sebagai basic Input/Output nya
    6. Ukuran yang sangat besar
    7. Output sangat lambat dan tidak bisa diandalkan
    8. Penggunaan daya Listrik yang sangat tinggi
    9. Sangat panas
    10. Sangat Rumit dan Kompleks sehingga biaya maintenance tinggi. 

    Fungsi Komputer Generasi Pertama

    Komputer Generasi Pertama dikembangkan pertama kali saat Perang Dunia Kedua berfungsi sebagai alat pemecah kode dan penghitung matematika seperti kalkulator.

    Baca Juga : Penyebab Komputer Hang Not Responding dan Cara Mengatasinya

    Logika komputer pada generasi pertama didasarkan pada kemampuan switching tabung vakum, tetapi sangat tidak bisa diandalkan, sehingga teknisi terus bekerja mengganti metode tabung yang digunakan.

    Fitur Komputer Generasi Pertama

     10 Fitur yang dimiliki Komputer Generasi Pertama diantaranya :
    • Teknologi tabung vakum

    Komputer Generasi Pertama menggunakan teknologi tabung vakum yang sedang naik daun pada jamannya.
    • Tidak bisa diandalkan

    Karena kecepatan pemrosesan datanya yang lambat, komputer generasi pertama ini kurang dapat diandalkan ketika memproses data. Dan tabung vakum yang digunakan terkadang membuat kesalahan-kesalahan dalam pemrosesan data yang dimasukkan.
    • Hanya mendukung bahasa mesin

    Pemrograman pada jaman itu belum berkembangan seperti saat ini, sehingga komputer generasi pertama hanya bisa digunakan menggunakan bahasa mesin yang rumit dan kompleks.
    • Sangat mahal

    Dalam pengoperasiannya, komputer generasi pertama ini sangat tidak ramah dikantong, karen membutuhkan ruangan besar untuk menyimpannya juga membutuhkan daya listrik yang cukup besar dalam pengoperasiannya. 
    • Menghasilkan banyak panas

    Panas yang dihasilkan dari tabung vakum pada generasi pertama komputer sangat tinggi sehingga membutuhkan alat pendingan ketika komputer generasi pertama digunakan.
    • Perangkat input dan output lambat

    Sangat lambat, karena menggunakan magnetic tape dalam proses input dan outputnya sehingga komputer generasi pertama sangat lambat dalam proses input dan outputnya
    • Ukuran besar

    Komputer generasi pertama menggunakan ribuan tabung dan komponen pendukung sehingga membutuhkan ruangan yang besar untuk menyimpan komputer.
    • Membutuhkan AC

    Karena penggunaan daya listrik yang sangat tinggi sehingga membuat komputer generasi pertama sangat panas sehingga dibutuhkan AC dalam penggunaannya sebagai pendingin komputer.
    • Non-portabel

    Komputer Generasi Pertama memiliki berat sampai 30 Ton, sehingga terlalu berat untuk dibawa dan dipindahkan dengan leluasa.
    • Banyak mengkonsumsi listrik 

    Terdiri dari ribuan vakum, resistor dan transistor sehingga komputer generasi pertama sangat membutuhkan daya listrik yang cukup tinggi ketika digunakan.

    Baca Juga : Cara Mengatasi Program Windows Error / Not Responding di Komputer

    Contoh Komputer Generasi Pertama 

    ENIAC

    ENIAC

    ENIAC, singkatan dari Electronic Numerical Integrator And Computer, adalah komputer elektronik penuh pertama yang didesain agar mampu diprogram ulang dengan cara mengatur ulang kabelnya agar dapat menyelesaikan segala jenis masalah perhitungan.

    Eniac dikembangkan militer angkatan darat AS untuk menghitung tabel tembakan senjata. Eniac dikembangkan oleh J. Presper Eckert dan John William Mauchly dari Universitas Pennsylvania.

    Eniac berukurang sangat besar dengan 17.468 tabung vakum, 7.200 diode kristal, 1.500 pemancar, 70.000 resistor, 10.0000 kapasitor dan sekitar 5 juta sambungan yang disolder dengan tangan. Beratnya 27 ton dan ukurannya 2,4 m x 0,9 m x 30 m. ENIAC mengambil luas sekitar 167 m² dan mengonsumsi energi sebesar 160 kW.

    EDVAC

    Edvac
    Komputer kedua yang berasal pada generasi komputer pertama adalah EDVAC singkatan dari Electronic Discrete Variable Automatic Computer. Tidak seperti pendahulunya Eniac, edvac menggunakan nilai biner daripada desimal dan dirancang untuk menjadi komputer yang dapat menyimpan data.

    Secara fungsinya, edvac adalah komputer yang dapat melakukan penghitungan dasar seperti penambahan, pengurangan, pengkalian dan pembagian secara automatis dengan waktu multipikasi rata-rata 2900 mikrodetik.

    UNIVAC

    Univac

    Univac atau Universal Automatic Computer dikembangkan pada tahun 1951 oleh Remington Rand, untuk menjadi model komputer komersial pertama yang dibangun menggunakan model artsitektur Von Neumann.

    Baca Juga : Macam-Macam Pesan Error Blue Screen Komputer dan Penjelasannya

    IBM-701 dan IBM-605

    IBM-701

    IBM memproduksi IBM 605 dan IBM 701 pada tahun 1953 yang berorientasi pada aplikasi bisnis dan merupakan komputer paling populer sampai tahun 1959. IBM 705 dikeluarkan untuk menggantikan IBM 701 yang kemudian memantapkan IBM dalam industri pengolahan data.

    IBM CPC
    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments