10 Langkah Yang Harus dilakukan Apabila Komputer Terserang Virus - Basic Komputer

Advertisement
Daftar Isi
    Virus komputer adalah perangkat lunak atau software yang sangat ditakuti oleh pengguna komputer. Karena software virus dibuat dengan niat jahat untuk merusak bahkan menghapus file-file penting di komputer. Apalagi jika virus komputer tersebut berhasil menyerang file system komputer. Maka dapat dipastikan komputer anda tidak akan bisa digunakan sampai file yang terjangkit virus tersebut dihapus.

    Meskipun hampir semua Komputer atau Laptop dijual dengan disisipkan semacam software antivirus untuk mencegah serangan virus masuk ke dalam komputer. Akan tetapi, dengan perkembangan virus yang sangat cepat, terkadang komputer masih bisa disusupi oleh virus yang jahat. Padahal kita sudah melakukan update antivirus yang terpasang dengan teratur, baik aplikasinya maupun database virusnya.

    Media Penyebaran Virus Komputer yang Paling Umum


    Sebelum kita memulai pembahasan Apa yang Harus Dilakukan Setelah Mengetahui Komputer Terserang Virus. Akan lebih baik jika kita terlebih dahulu mengetahui darimana kah virus tersebut menyerang komputer anda? Seperti yang kita ketahui, virus komputer tersebut  dapat masuk kedalam komputer pasti dibawa oleh media tertentu. Jadi media apakah yang biasanya digunakan virus untuk menyebar ke komputer korban? Kami sudah merangkum beberapa media yang biasanya digunakan virus komputer untuk menyebar ke komputer anda, diantaranya :
    1. Attachment dari Email yang tidak dikenal
    2. Download Website yang terinfeksi virus
    3. Iklan di Website Online
    4. Software Gratis yang sudah diPatched atau Crack
    5. Penyimpanan External, seperti USB, CD, Harddisk External, dll
    Itulah 5 media paling umum yang biasanya digunakan virus untuk menyebar ke komputer korbannya yang harus anda hindari sebisa mungkin agar komputer anda tidak terserang virus komputer yang mematikan.

    10 Langkah Yang Harus dilakukan Apabila Komputer Terserang Virus
    10 Langkah Yang Harus dilakukan Apabila Komputer Terserang Virus

    10 Langkah Yang Harus dilakukan Apabila Komputer Terserang Virus


    Setelah anda mengetahui media-media penyebaran virus komputer yang paling umum. Anda harus menghindari menggunakan media-media tersebut dengan gegabah. Agar komputer anda tidak terserang virus. Tapi terkadang virus masih menemukan cara untuk menginfeksi komputer korbannya tanpa sepengetahuan pengguna komputer.

    Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan apabila komputer anda positif terinfeksi virus komputer. Diantaranya :

    1. Backup File-File Penting di Komputer


    Yang pertama harus segera anda lakukan adalah melakukan backup file-file penting yang tersimpan di komputer. Untuk mencegah file-file tersebut terinfeksi virus dan tidak bisa dibuka kembali, melakukan backup harus menjadi langkah pertama yang anda lakukan setelah mengetahui komputer anda terjangkit virus.

    Anda bisa melakukan backup file pada penyimpanan eksternal, seperti harddisk atau usb. Meskipun meningkatkan resiko virus akan menyebar ke komputer lain setelah dicolok ke komputer yang terinfeksi. Karena itu kami merekomendasikan untuk membackup file penting anda menggunakan jasa cloud gratis, seperti onedrive, google drive, dll. Agar aman dari serangan virus komputer.

    2. Disconnect Komputer dari Internet

    Sebagian virus menggunakan koneksi internet anda untuk menyebar ke komputer lain. Maka dari itu, sebaiknya anda disconnect komputer anda dari internet setelah mengetahui komputer anda terinfeksi virus untuk menghindari penyebaran virus ke komputer yang lain.

    3. Boot ke Safe Mode

    Langkah ketiga setelah mengetahui komputer terserang virus adalah boot ke safe mode. Dengan melakukan boot ke safe mode, semua software akan dimatikan sementara, kecuali anda menghidupkan aplikasi tersebut secara manual. Dengan begitu anda bisa mencegar virus tersebut menyebar ke file yang lain dan melakukan pembersihan virus dengan lebih baik dan mudah.

    4. Gunakan Komputer Lain untuk Mengakses Internet

    Terkadang, anda tidak mengetahui cara menghapus virus yang menyebar di komputer anda dan harus meminnta bantuan seseorang di dunia maya untuk bertanya cara menghilangkan virus yang menyerang di komputer anda. Tapi sebaiknya meminta pertolongan dunia maya itu tidak dilakukan dengan menggunakan komputer yang terinfeksi, karena virus bisa menyabar ke komputer yang berniat untuk menolong anda. Karenanya gunakan komputer lain yang bersih dari virus untuk bertanya di forum online atau mendownload aplikasi tertentu untuk menghapus infeksi virus di komputer anda.

    5. Identifikasi Virus yang Menyerang

    Sebelum bertanya pada orang lain di dunia maya, seharusnya anda melakukan identifikasi terlebih dahulu virus apa yang menyerang komputer anda. Caranya anda bisa melakukan scan dengan antivirus yang sudah terinstal atau jelaskan behaviour virus yang menyerang komputer anda. Agar orang yang anda tanya, bisa dengan cepat memberikan jawaban pada pertanyaan anda sehingga lebih efektif dan efisien.

    6. Scan dengan Program Antivirus Berbeda

    Agar pembersihan komputer anda efektif menghilangkan seluruh file di komputer yang terinfeksi. Lakukan scanning dengan program antivirus yang berbeda, agar hasilnya maksimal. Karena semua antivirus memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda satu sama lain.

    7. Bersihkan File Temporary dan Uninstall Program yang Tidak Digunakan

    Kadang virus menyerang file temporer atau file sementara di komputer anda. Jadi sebaiknya anda menghapus semua file temp pada folder temp dengan cara. Ketik %temp% di kolom pencarian, kemudian hapus semua file yang ada di folder Temp.

    Ketika virus menyerang terkadang dia menyamarkan eksistensinya di control panel dengan cara menyamarkan namanya sebagai program penting di control panel. Jika anda tidak merasa pernah menginstall program atau aplikasi tersebut, sebaiknya lakukan uninstall saja. Agar virus tersebut tidak menyebar di komputer anda.

    8. Hapus Restore Point di Komputer

    Meskipun restore point sangat penting sebagai backup komputer apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Sehingga anda bisa merevert perubahan di komputer ke keadaan dimana perubahan belum dilakukan. Restore Point di komputer ternyata juga memiliki potensi disususpi Malware, sehingga sebaiknya anda menghapus restore point yang sudah anda. Dan membuat restore point kembali ketika komputer anda sudah bersih dari virus/malware.

    9. Perbaiki Masalah Komputer Setelah Infeksi dihentikan


    Mungkin ada beberapa masalah yang Anda temui setelah Anda menghapus infeksi virus dari komputer Anda. Beberapa opsi cepat yang mungkin Anda coba adalah tool Microsoft Fix It dan tool yang disebut Re-Enable II.

    10. Ganti Password di Semua Akun Online Anda 

    Virus atau Malware kemungkinan sudah menyimpan password untuk akun online anda, oleh karena itu segera setelah anda menyembuhkan komputer dari infeksi virus, ubah semua password pada akun online anda, khususnya akun ecommerce atau akun bank online anda. 


    Itulah 10 Langkah Yang Harus dilakukan Apabila Komputer Terserang Virus. Semoga artikel anda berguna bagi anda yang sedang terkena masalah virus komputer dan dapat membantu anda melindungi file-file penting yang tersimpan pada komputer anda. Semoga berguna, terima kasih.


    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments