-->

Panduan SEO : Cara Analisa Keyword Density Blogger

Advertisement
Daftar Isi
    Panduan SEO : Analisa Kerapatan Keyword Blog menggunakan Keyword Density Tool. Salahsatu faktor pendukung dalam optimasi SEO adalah memilih keyword yang benar. Jika dalam tahap awal optimasi mesin pencari , kita sudah melakukan penelitian keyword menggunakan Google trend, Google Keyword Tools, dan berbagai tools seo gratisan lainnya, maka sahabat sudah punya sekumpulan kata /frase sebagai bakal calon keyword yang akan dimasukkan ke dalam posting blog.

    Beberapa tools seo berikut terkadang saya gunakan dalam menganalisa keyword density blog agar postingan lebih seo friendly adalah :

    1. Keyword Density Analysis


    Keyword Density Analysis dapat digunakan untuk mencari dan mendeteksi keyword yang ada di dalam sebuah halaman blog, akan terlihat prosentase keyword dalam posting blog. Secara logis kata/keyword dengan frekuensi pengulangan lebih banyak maka secara otomatis akan berpeluang menjadi keyword postingan, dan tentunya crawler google bisa lebih mudah menemukan keyword blog.

    Baca Juga : Cara Promosi Website Gratis di Google

    Agar lebih mudahnya langsung dipraktekkan dan optimalkan blog agar seo friendly.

    Caranya :

    Buka situs berikut Keyword Density Tools

    Masukkan url blog , misalnya: https://www.basickomputer.com/2020/01/pengertian-perkembangan-dan-manfaat.html


    Maka akan tampil beberapa kelompok keyword , seperti word ,  2 word Phrases , 3 Word Phrases

    Keterangan:

    a.Word adalah kata yang paling banyak terdapat dalam postingan, kata-kata yang tercantum disini cocok dijadikan short keyword, jika keyword yang ditargetkan belum muncul di no 1 sampai 5  sebaiknya modifikasi kalimat pada postingan agar optimasi seo maksimal.

    Baca Juga : Cara Membuat SSL Gratis untuk Wordpress

    b. 2 Word phrase dan 3 Word phrase berisi keyword tertentu, bisa dipilih menjadi long tail keyword (keyword panjang), atur sedemikian rupa kalimat postingan agar keyword yang akan dijadikan target berada pada posisi atas (2 Word phrase dan 3 Word phrase)

    Supaya mendapatkan hasil optimasi seo maksimal, maka perlu dilakukan simulasi pada posting blog (lakukan perubahan kalimat dengan memperbanyak keyword / kata tertentu pada postingan agar pada baris pertama Keyword Density Tools tampil kata kunci yang diinginkan)

    Nilai prosentase density maksimal 15%, namun ada beberapa forum menyarankan tidak lebih dari 30%, secara pribadi untuk mencapai 10% saja terkadang sangat sulit.

    2. Menggunakan Google Webmaster Tools


    Google Webmaster tools atau Google Search Console merupakan tools seo yang sangat powerful, karena di google webmaster tools terdapat akumulasi keyword blog yang telah dikenali oleh search engine google.

    Kelemahan dari tools seo di atas:

    a.Jika pada panduan seo google nomor 1 dan 2 , keyword yang terdeteksi adalah keyword apa adanya semua keyword mempunyai bobot relevansi sama, sedangkan jika menggunakan google webmaster tools keyword yang tercantum adalah keyword yang telah di filter oleh google kemudian di urutkan (sorting) sebagai keyword utama blog

    Baca Juga : pengertian, Perkembangan dan Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi

    b. Jika menggunakan google keyword tools belum tersedia fitur analisa keyword untuk konten/posting blog, yang ada hanya keyword posting blog yang menempati 10 besar SERP.

    c. Menggunakan keyword density tools belum menjamin postingan tampil di halaman pertama google, karena banyak faktor yang dinilai oleh google seperti relevansi keyword blog, trafik, backlik, dll.

    Sebagai pemula kita tetap mengacu pada panduan seo yang terdapat di situs google, bahwa salah satu faktor utama untuk membuat postingan muncul di halaman pertama Google search, adalah jumlah postingan. Semakin banyak postingan dengan tema yang sama maka semakin besar peluang blog tampil di halaman awal google.

    Berdasarkan pengalaman dengan menggunakan keyword density tools bisa membantu postingan cepat muncul pada posisi 10 besar SERP, namun terkadang juga tidak muncul karena semua tergantung ketatnya persaingan. Jika panduan SEO di atas bermanfaat silahkan diterapkan pada blog anda, jika dianggap tidak berguna silahkan diabaikan.

    Sekian, terima kasih sudah membaca artikel Panduan SEO : Cara Analisa Keyword Density Blogger
    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments