Pengertian, Perkembangan dan Manfaat Terlengkap Teknologi Informasi dan Komunikasi

Advertisement
Daftar Isi
    Dewasa ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah semakin meluas. Gadget-gadget baru dalam bidang teknologi pun banyak bermunculan. Derasnya perkembangan teknologi itu pun harus diimbangi juga dengan deeasnya pengetahuan manusia. Agar perkembangan teknologi itu tidak menggeser kehidupan manusia seluruhnya.

    Pada artikel kali ini kita akan membahas Pengertian, Perkembangan dan Manfaat Terlengkap Teknologi Informasi dan Komunikasi yang harus anda ketahui beserta penjelasannya. Langsung saja kita labjutkan oembahasan mengenai pengertian teknologi informasi dan komunikasi terlebih dahulu.


    Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi


    Seperti yang bisa kita lihat diatas, teknologi informasi dan komunikasi terdiri atas 3 kata yang tergabung dan membentuk suatu kesatuan teknologi informasi dan komunikasi. Sebelum memahami pengertian teknologi informasi dan komunikasi. Mari kita mengenal pengertian dari tiap katanya terlebih dahulu.

    1. Pengertian Teknologi


    Apa yang dimaksud teknologi? Teknologi adalah sarana yang dikembangkan oleh manusia untuk mempermudah kehidupannya.

    Baca Juga : Cara Menghitung, Memonitor dan Menghemat Kuota Data Internet

    Jadi semua sarana yang dipakai manusia itu masuk tergolong pada teknologi. Dan teknologi itu tidak terbatas pada sarana-sarana canggih, seperti komputer, robot, pesawat, smartphone, dll. Melainkan keseluruhan sarana atau alat yang membantu kehidupan manusia tergolong kepada teknologi. 

    Contoh Teknologi :

    pisau, kompor gas, magic com, panci dan wajan itu adalah teknologi dalam bidang masak memasak. 

    Kain, Sprei, Bantal dan Guling, dan sejenisnya termasuk kedalam teknologi untuk membantu manjsia tidur. 

    Jadi yang harus kita garis bawahi disini adalah teknologi itu keseluruhan sarana yang digunakan manusia untuk membantu mempermudah kehidupannya. Dan teknologi tidak terbatas pada alat atau sarana digital yang canggih seperti robot, komputer, smartphone, dll. 

    2. Pengertian Informasi


    Masuk ke kata yang kedua yaitu Informasi. Kata informasi ini mungkin sudah tidak asing ditelinga kita, tapi apakah anda paham apa yang dimaksud dengan informasi? 

    Informasi adalah pesan, data atau simbol yang memiliki arti bagi penerimanya. Informasi bisa berupa angka, tulisan, gambar/simbol maupun suara. Yang bisa dipahami oleh penerimanya sebagai sesuatu yang bermakna tertentu dan dapat digunakan untuk mengambil keputusan. 

    Informasi juga dapat dipahami ssbagai data yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menjadi alat untuk pengemabilan keputusan berdasarkan data-data yang telah diolah tersebut. 

    Perbedaan Data dan Informasi


    Data adalah suatu keterangan yang tidak memiliki maksud tertentu. Contohnya: hujan deras, jakarta banjir, dst.

    Baca Juga : Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Update

    Sedangkan informasi adalah data yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki maksud dan tujuan. Dari data Jakarta Banjir diatas, kita bisa mengolah informasi sedemikian rupa, misalnya : Karena Hujan Deras yang terjadi Jakarta Banjir tidak terhindarkan. dll. 

    3. Pengertian Komunikasi


    Sekarang kita masuk ke kata yang terakhir pada istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yaitu komunikasi adalah Prises dalam usaha untuk menyampaikan informasi yang didapat. 

    Sehingga bisa kita pahami komunikasi sebagai suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

    Ketika manusia mendapatkan suatu informasi yang unik, manusia tersebut akan tergoda untuk menyampaikannya ke manusia lain yang dia temui, baik secara lisan maupun tulisan. 

    Contoh komunikasi : 

    Budi melihat berita bahwa Jakarta Sedang Dilanda Banjir. Budi kemudian memberitahukan teman-temannya apa yang dilihat dan didengarnya di Berita bahwa Jakarta sedang Dilanda Banjir. Sehingga teman-temannya menjadi tahu Jakarta sedang Dilanda Banjir. 

    Dari contoh diatas juga bisa kita simpulkan bahwa komunikasi itu bertujuan untuk memberi tahu informasi. Sehingga setiap orang yang menerima komunikasi menjadi tau dan mengerti. 

    Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi 


    Setelah membahas pengertian tiap kata yang tergabung dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kita bisa menyimpulkan apa yang dimaksud dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu :

    Teknologi Informasi dan Komunikasi deehmencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

    Baca Juga : Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram

    Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi melalui media. 

    Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik hardware komputer maupun software komputer) dengan teknologi komunikasi pada abad pertengahan.

    Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi


    Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mengalami beberapa fase perkembangan tertentu. Dimulai dari ditemukannya telepon oleh Alexander Graham Bell pada 1875. Yang mengembangkan komunikasi dua adah pada seantero dunia menggunakan kabel yang terhubung dari satu telepon ke telepon lainnya. 

    Kemudian mengalami perkembangan kembali pada awal abad ke 20, antara tahun 1910-1920 dimana manusia mulai menemukan transmisi suara nirkabel menggunakan frequensi radio AM yang pertama kali. 

    Yang kemudian berkembang lagi menjadi transmisi audio visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an.

    Yang kemudian menjadi pembuka jalan pada perkembangan komputer yang pertama kali ditemukan pada tahun 1943, yang diberi nama ENIAC, singkatan dari Electronic Numerical Integrator And Computer.





    Komputer pertama yang ditemukan pertama kali tersebut memakan 1 ruangan yang sangat besar sampe memenuhi ruangan. Sehingga manusia mencari cara untuk memperkecil tiap komponen pada komputer pertama, agar bisa digunakan oleh manusia dimanapun dan memiliki kemampuan yang lebih tinggi lagi. Sampai pada akhirnya pada tahun 1975 komputer kecil pertama kali ditemukan dan dinamakan desktop komputer atau personal komputer.

    Akan tetapi, perkembangan teknologi komputer tidak berhenti disitu. Karena kebutuhan manusia yang semakin meningkat setelah personal komputer mewabah di berbagai negara. Komputer Portable yang lebih kecil dan ringan sehingga mampu memenuhi mobilitas manusia yang tinggi pun muncul pertama kali IBM 5100 pada tahun 1975, komputer portable pertama dirilis dengan layar kecil memilimi berat 55 pounds, layar 5 inci, dengan tape driver, 1,9 Mhz PALM processor dan 6,4 KB RAM. 




    Kemudian dikembangkan kembali kompiter portable menjadi OSBORN I, dikembangkan oleh Adam Osborn dan dirilis pada tahun 1984. Dengan berat 24,5 pounds, layar 5 inci, 64 KB RAM, dan 2 floppy disk drive, menggunakan sistem operasi CP/M 2.2 dan dipasangi modem. 

    Baca Juga : Cara Mengatasi Brightness Not Working di Sistem Operasi Linux

    Yang terus mengalami perkembangan dari segi desain, berat dan kekuatannya. Sampai pada kompiter dan laptop portable yang kita kenal saat ini. 

    Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi




    Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di dunia mengubah hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Dan tentu saja perubahan kehidupan itu memiliki beberapa manfaat, diantaranya :

    1. Berkomunikasi menjadi lebih mudah dan cepat. 
    2. Memudahkan akses informasi.
    3. Mempersingkat waktu dan memangkas biaya.
    4. Proses perdagangan dilakukan secara elektronik.
    5. Transaksi secara online.
    6. Membuat proses komunikasi pembelajaran menjadi semakin menarik.
    7. Membantu proses komunikasi pemerintahan.
    8. Komunikasi tanpa batas.
    9. Dll.
    Dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang canggih di jaman modern ini, bisa menghubungkan antar dunia, antar negara dan pulau dengan cepat dan mudah menggunakan jaringan komputer nirkabel internet.

    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments