-->

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Bios

Advertisement
Daftar Isi
    Bios (Basic Input Output System) merupakan perangkat lunak yang bertanggungjawab untuk mengelola aliran data antara sistem operasi dan perangkat hardware yang terpasang pada komputer seperti hard disk, adaptor video, keyboard, mouse, dan printer.

    Karena fungsi bios yang sangat penting sebagai perantara antara mikrokontroler dan hardware yang terpasang. Terkadang kita harus melakukan pengaturan secara manual pada program bios komputer agar software dan hardware yang kita miliki bisa bekerja dengan maksimal.


    Namun terkadang kita harus menghadapi persoalan ketika akan masuk pengaturan bios komputer. Yaitu komputer tidak bisa masuk bios. Lalu apa yang menjadi penyebab komputer tidak bisa masuk dan bagaimana cara mengatasi komputer tidak bisa masuk bios? Silahkan baca selengkapnya:

    Penyebab Komputer Tidak Bisa Masuk Bios


    Di sini, kami menuliskan beberapa fungsi BIOS, untuk membantu Anda memahami mengapa penting untuk mengatasi masalah komputer tidak dapat masuk ke BIOS.


    POST: post berfungsi untuk melakukan pengecekan hardware komputer dan memastikan tidak ada error sebelum sistem operasi dimuat. 

    Bootstrap Loader: berfungsi untuk melakukan pengecekan dan pencarian sistem operasi yang tersimpan di harddisk, setelah sistem operasi ditemukan, bootstrap loader akan meneruskan sistem operasi agar di load pada komputer.

    Driver BIOS: Driver bios adalah driver tingkat rendah yang bertanggung jawab untuk mengatur software pada komputer dengan hardware yang terpasang pada komputer.

    CMOS Setup: Yang disebut juga Hardware Configuration Setting, yang bertanggungjawab pada pengaturan hardware pada komputer, seperti password komputer atau tanggal dan waktu.

    Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Bios


    Bagi anda yang menggunakan Windows 10, tersedia banyak pilihan yang memungkinkan anda melakukan konfigurasi dalam Sistem Operasi. Namun, terdapat banyak pengaturan lain pada komputer yang hanya dapat diubah di BIOS (Basic Input / Output System). 

    Bios bertanggung jawab untuk semua aksi pada komputer, mulai dari urutan boot driver hingga opsi keamanan pra-boot, dan juga jika tombol-tombol Fungsi pada keyboard untuk mengaktifkan shortcut atau kontrol media. Namun, anda tidak dapat mengakses pengaturannya dari dalam Windows karena terletak di pra-boot environtment. Untuk yang menggunakan Windows lama, Anda dapat menekan tombol seperti F1 atau F2 saat proses booting untuk masuk ke dalam pengaturan bios.

    Versi Windows terbaru hadir dengan kecepatan pemrosesan yang lebih besar, dan oleh karena itu menekan tombol saat boot tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu, Anda tidak dapat masuk ke BIOS; kami sarankan Anda mengikuti langkah-langkah dinawah ini untuk mengakses BIOS.


    1. Masuk ke Settings dari Start Menu


    2. Pilih Update and Security pada jendela settings yang terbuka


    3. Pilih Recovery pada sidebar di sebelah kiri seperti yang ditunjukkan oleh gambar


    4. Kemudian lanjutkan dengan memilih "restart now" dibawah advanced startup


    5. Klik "Troubleshoot" kemudian pilih advanced options


    6. Klik pada pilihan UEFI Firmware settings


    7. Kemudian klik Restart untuk mereboot komputer kedalam pengaturan bios


    Alasan utama kenapa komputer tidak bisa masuk BIOS dkemungkinan disebabkan oleh proses boot yang cepat. Namun, langkah-langkah di atas daapt mengatasi masalah komputer tidak dapat masuk ke BIOS. 

    Program BIOS berisi semua yang Anda butuhkan untuk memastikan bahwa Sistem Operasi Anda bekerja dengan cara yang tepat dan lancar.

    Seperti yang terlihat, BIOS adalah komponen kunci dari setiap komputer dan oleh karena itu, penting untuk memiliki pengetahuan latar belakang tentang fungsi bios seperti yang sudah dijelaskan diatas. Bios juga menawarkan fleksibilitas yang dapat diatur untuk meningkatkan perfomance komputer. Demikian Artikel berjudul Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Bios. Semoga membantu.
    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments