Penyebab Komputer Hang Not Responding dan Cara Mengatasinya - Basic Komputer

Advertisement
Daftar Isi
    Komputer hang adalah keadaan dimana komputer berhenti menerima respon dari pengguna. Komputer hang atau not responding pada umumnya terjadi pada komputer yang memiliki spedifikasi rendah ketika menjalankan software-software berat, seperti software editing video, gambar, bermain game berat dll. Atau ketika komputer kehabisan sumber daya karena telah membuka banyak aplikasi sekaligus.

    Penyebab Komputer Hang


    Seperti yang telah dijelaskan diatas, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan komputer hang, diantaranya :

    1. Membuka aplikasi berat diluar spesifikasi komputer
    2. Kehabisan sumber daya ketika menjalankan banyak aplikasi
    3. Virus atau Malware
    5. Dll.

    Jika komputer anda mengalami hang atau not responding, tidak perlu khawatir kami akan mengulas beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi komputer hang dibawah ini:

    Cara Mengatasi Komputer Hang


    Ada beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk mengatasi komputer hang, diantaranya :

    1. Restart Komputer


    Komputer akan berhenti menerima respon ketika hang. Dan apapun keypad yang anda pecet di keyboard atau mouse anda hanya akan memperburuk keadaan komputer. Oleh karena itu satu-satunya cara untuk mengatasi komputer not responding adalah dengan cara Force Restart, yaitu tekan tombol power pada cpu beberapa lama sampai komputer melakukan restart.

    Tapi tentu saja cara ini memiliki kerugian karena anda melakukan force restart pada komputer. Semua data yang belum sempat anda simpan di komputer akan menghilang. Kecuali beberapa aplikasi seperti Microsoft Office yang memiliki sistem restore untuk beberapa aplikasinya.

    2. Troubleshoot


    Jika komputer anda secara tiba-tiba hang dan berhenti menerima respond. Akan lebih baik jika anda melakukan troubleshoot untuk mencari tahu penyebab komputer hang.

    Caranya :

    1. Buka Comtrol Panel
    2. Ketik Troubleshoot di kolom pencarian pada Folder Control Panel kemudian klik


    3. Klik System and Security


    4. Klik System Maintenance


    5. Dan tunggu komputer melakukan scan untuk mencari penyebab dan memperbaiki komputer anda.

    Setelah selesai, reboot komputer anda agar perbaikan yg dilakukan system maintenance diatas dapat dijalankan kemudian lihat dan rasakan. Apakah cara ini bisa mengatasi permasalahan komputer anda?

    3. Update Driver


    Driver yang hilang, versi lama atau tidak terpasang dengan baik pada system registry komputer bisa juga menjadi penyebab komputer anda mengalami hang atau not responding.

    Oleh karena itu, kami selalu menyarankan untuk menghidupkan update automatis untuk semua aplikasi yang terpasang di komputer anda.

    4. Sistem File Checker


    Sistem file yang hilang bisa juga menjadi penyebab komputer hang atau not responding. Dan untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan sistem file checker di command prompt, dengan cara :

    1. Buka cmd atau command prompt
    2. Ketik "sfc /scannow" (Tanpa tanda petik) kemudian klik enter


    Kemudian tunggu hingga verifikasi mencapai 100% dan restart komputer anda. Setelah komputer menyala lihat apakah sfc telah mengatasi penyebab komputer anda hang?

    5. Scan Antivirus


    Pada beberapa kasus, virus dan malware bisa menjadi penyebab komputer anda hilang. Untuk mengatasinya cukup mudah, anda pastikan terlebih dahulu program anti virus anda telah terupdate sebelum melakukan scan. Kemudian lihat apakah anti virus menemukan satu atau beberapa virus? Hapus semua virus yang anda temukan kemudian restart agar perubahan nya dijalankan.

    6. Clean Boot


    Anda bisa melakukan boot ke clean boot dimana komputer hanya akan menjalankan aplikasi microsoft windows yang dibutuhkan untuk menjalankan komputer tanpa aplikasi lain. Dengan cara :

    - tekan Windows + R untuk membuka kolom Run, kemudian ketik "msconfig" dan tekan enter

    - Pada jendela system configuration, pilih "Selective startup" Dan check "Load Startup Items".


    - Kemudian pilih tab services dan check "Hide all Microsoft Services" Kemudian klik tombol Disable All.


    - klik Apply lalu Ok

    Setelah anda masuk pada mode clean boot, hidupkan dan matikan aplikasi yang terinstall di komputer anda dengan cara yang sama seperyi diatas untuk mencari penyebab komputer hang atau not responding. Jika sudah ditemukan uninstall program atau aplikasi tersebut agar tidak memakan resourse di komputer anda.

    7. Install Windows Update


    Jika 6 cara diatas sudah dilakukan tanpa hasil. Mungkin sudah saatnya anda melakukan update windows anda. Microsoft melakukan pembaruan dan patch untuk mengatasi masalah pada sistem komputer ketika update dirilis. Dan jika komputer anda genuine, sebaiknya anda melakukan update sistem ketika update windows terbaru dirilis untuk mengatasi berbagai permasalahan berbeda yang ada di komputer anda.

    Untuk melakukan windows update, caranya sangat mudah yaitu dengan cara :

    - klik Start kemudian Search dan ketik Update Windows pada kolom pencarian. Kemudian klik "Check for Update" Yang muncul pada hasil pencarian untuk membuka halaman windows update


    - Klik Download kemudian install update terbaru dari microsoft untuk sistem oeprasi anda.

    - Setelah selesai Reboot komputer agar perubahannya berefek.

    Itulah beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk mengatasi komputer hang atau Not Responding. Semoga langkah-langkah diatas bisa membantu anda mengatasi permasalahan komputer hang. Terima kasih


    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments