-->

Windows 7 Dihentikan - Saatnya Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Tanpa Install Ulang !!

Advertisement
Daftar Isi
    Windows 7 adalah salah satu sistem operasi yang dikeluarkan oleh microsoft pertama kali pada tanggal 22 Juli 2009. Sudah hampir 10 Tahun pengguna komputer di seluruh dunia ditemani oleh sistem operasi microsoft windows 7 yang terkenal dengan kemudahan penggunaannya. Namun, seperti juga windows xp, yaitu sistem operasi windows terkenal sebelum windows 7. Sudah saatnya, microsoft mengakhiri support untuk windows 7 dan menggantikannya dengan sistem operasi windows 10.

    Berita berakhirnya support untuk windows 7 juga menandakan seluruh pengguna  komputer di dunia, sudah saatnya untuk mengupgrade sistem operasi windows 7 di komputernya dengan sistem operasi windows 10. Pada artikel kali ini, kita akan menginformasikan bagaimana cara upgrade windows 7 ke windows 10 yang masih disupport oleh Microsoft.  Tapi sebelumnya, mari kita kenali dulu sistem operasi windows 10 yang akan kita gunakan, apa kelebihan dan kekurangannya dan bagaimana cara menggunakannya.

    Windows 10

    Windows 10

    Windows 10 adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga Windows NT. Windows 10 pertama kali diperkenalkan bulan April 2013 pada Konferensi Build. Kemudian dirilis ke publik pada tanggal 29 Juli 2015 dan November 2015.

    Terdapat 4 Edisi untuk upgrade Windows 10 yang dikeluarkan oleh Microsoft, diantaranya :
    •     Windows 10 Home: dirancang untuk digunakan dalam komputer meja, laptop, dan tablet. Edisi ini termasuk semua fitur tingkat-konsumen dan setara dengan versi dasar dari Windows 8, 8.1, Windows 7 Home Basic dan Home Premium. Di versi ini pengguna tidak dapat mematikan fitur Windows Update.
    •     Windows 10 Pro: sebanding dengan Windows 8 Pro, Windows 7 Professional dan Ultimate, dan Windows Vista Business dan Ultimate. Edisi ini dibangun dari edisi Home dan menambahkan fitur penting untuk bisnis, dan memiliki fitur yang setara dengan Windows 8.1 Pro.
    •     Windows 10 Enterprise: memberikan semua fitur dari Windows 10 Pro, dengan fitur tambahan untuk membantu dengan organisasi berbasis IT, dan akan memberikan fungsi yang setara dengan Windows 8.1 Enterprise dan hanya tersedia melalui lisensi volume.
    •     Windows 10 Education: memberikan semua fitur Windows 10 Enterprise, dirancang untuk digunakan di sekolah, kampus dan universitas. Edisi ini akan tersedia melalui Lisensi Volume Akademi Microsoft, dengan cara yang mirip dengan Windows 8.1 Enterprise.
    •     Windows 10 Enterprise LTSB: Versi ini dikeluaran oleh Microsoft dengan tujuan memberikan opsi kepada kalangan enterprise untuk dapat mempunyai kontrol penuh terhadap update Windows sehingga pengguna dapat menolak update yang ditawarkan oleh Microsoft.
    Selain sebagai sistem operasi untuk komputer desktop dan laptop, windows 10 juga tersedia untuk perangkat mobile, seperti smartphone dengan beberapa edisi, diantaranya :
    •     Windows 10 Mobile: dirancang untuk telepon cerdas dan tablet kecil. Edisi ini termasuk semua fitur konsumen dasar, termasuk kapabilitas Continuum. Ini merupakan suksesor secara de facto dari Windows Phone 8.1 dan Windows RT.
    •     Windows 10 Mobile Enterprise: memberikan semua fitur Windows 10 Mobile, dengan fitur tambahan untuk membantu dengan organisasi berbasis IT, dengan cara yang mirip dengan Windows 8.1 Enterprise, tetapi dioptimalkan untuk perangkat bergerak.
    •     Windows 10 IoT Core: akan dirancang khusus untuk digunakan dalam footprint kecil, perangkat berbiaya rendah dan skenario Internet of Things (IoT) dan akan mirip dengan Windows Embedded.
    baca juga Software Backup Data Gratis untuk Windows - Basic Komputer

    Setelah mengenal mengenai windows 10 dan beberapa edisinya baik untuk komputer desktop dan laptop maupun bagi perangkat mobile, seperti smartphone.

    Kelebihan Windows 10 dibanding Windows 7


    Sebagai sistem operasi terbaru dibandingkan windows 7, sistem operasi windows 10 memiliki beberapa kelebihan dibanding windows 7, diantaranya :

    1. Windows 10 Memiliki Asisten Pribadi Cortana

    Cortana adalah sisten pribadi yang pertama kali dibenamkan kedalam smartphone yang menggunakan sistem windows phone 8.1, Sama seperti Siri milik Apple dan Halo Google. Cortana memiliki sistem pengenalan suara sehingga bisa diperintahkan melalui suara pengguna komputer. Cortana dapat membantu pengguna mengatur jadwal, memasukkan perintah tertentu dan menjawab pertanyaan dengan jawaban yang didapat dari hasil pencarian di search Engine Bing milik microsoft. Melakukan upgrade windows lama ke windows 10 akan membuat anda bisa menggunakan Cortana di komputer.

    2. Tampilan Windows 10 lebih Modern

    Dengan menggabungkan tampilan dari windows 7 dan windows 8 yang terlebih dahulu dikeluarkan ke public oleh Microsoft. Tampilan windows 10 juga lebih mudah digunakan oleh pengguna komputer serta memiliki fungsi tampilan tablet mode seperti tampilan pada windows 8 yang dipadukan dengan tampilan start menu seperti windows 7. Sehingga secara keseluruhan tampilan dari windows 8 tidak terlalu rumit jika anda sudah terbiasa menggunakan windows 7, serta lebih modern dan tidak membosankan untuk dilihat.

    Selain lebih modern, microsoft windows 10 juga menawarkan fitur Virtual Desktop, dengan fitur Virtual Desktop anda bisa membuka banyak aplikasi di desktop virtual secara terpisah. Sehingga dengan adanya fitur ini membuat kemampuan multitasking akan lebih meningkat.

    3. Windows 10 Cocok untuk Multitasking

    Kemampuan mulitasking pada windows 10 lebih dioptimalkan daripada para pendahulunya. Di windows 10, anda tidak perlu lagi menutup dan membuka aplikasi lainnya dan penggunaan sumber daya komputer ketika anda membuka banyak aplikasi akan dipantau secara otomatis, sehingga anda tidak perlu lagi khawatir fitur mulitasking ini akan memberatkan kinerja komputer yang anda gunakan.

    Kemampuan multitasking ini sangat cocok bagi anda yang suka membuka banyak aplikasi sekaligus di komputer, karena dengan melakukan upgrade windows, komputer anda bisa menggunakan seluruh sumber daya yang ada dengan optimum. 

    4. Windows 10 menggunakan Browser Canggih Microsoft Edge

    Microsoft Windows juga mengeluarkan microsoft edge sebagai browser bawaan pada windows 10 pengganti internet explorer yang dirasa kurang memuaskan. Microsoft Edge juga memungkinkan penggunanya untuk menulis hingga membuat gambar yang dapat dilakukan secara langsung pada laman internet. Selain itu, microsoft edge menawarkan kecepatan dan kemampuan untuk melakukan share ke pengguna internet lain, jika anda menemukan halaman di internet yang menurut anda menarik.

    5. Sistem Operasi Windows 10 Sangat Cocok dan Smooth untuk Bermain Game

    Microsoft windows 10 dilengkapi dengan directx12 yang merupakan program yang meningkatkan pengalaman dalam bermain game. Sehingga tampilan pada game akan lebih smooth dan powerfull, tanpa harus membebani kinerja komputer anda. Sudah saatnya para gamer di Indonesia melakukan upgrade windows di komputer anda agar anda bisa merasakan sendiri kemampuan directx12 yang disematkan pada sistem operasi windows 10.

    6. Windows 10 Sudah Mendukung Touch Screen dengan Maximal

    Hari ini hampir semua smartphone sudah dirilis menggunakan fitur touch screen, sehingga kemungkinan komputer dimasa depan juga akan menggunakan fitur touch screen ini. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena microsoft sudah mengeluarkan sistem operasi yang memberikan dukungan penuh untuk layar touch screen secara maximal.

    7. Windows 10 memiliki Fitur Windows Store

    Sama seperti google yang menambahkan fitur Google Play dan IOS dengan IOSTore, Microsoft pun merilis windows 10 dengan fitur Windows Store yang berisi banyak sekali aplikasi maupun game yang bisa anda install ke dalam komputer anda.

    Sehingga anda tidak perlu lagi kesulitan ketika ingin menginstall aplikasi tertentu untuk komputer anda, Windows Store menyediakan aplikasi dan game yang dapat anda install kapanpun kedalam komputer anda.

    Itulah beberapa poin kelebihan windows 10 dibanding windows 7 sebagai pertimbangan bagi anda jika anda ingin melakukan upgrade windows 7 lama anda ke windows 10.

    Bagaimana Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Gratis Official

    Jika anda sudah mempertimbangan dan memutuskan untuk melakukan upgrade windows 7 lama anda ke windows 10. Jika anda memiliki lisensi resmi windows 7 yang diaktifkan di komputer anda dan masih berlaku. Anda bisa melakukan upgrade windows 7 ke windows 10 dengan Gratis, yaitu dengan cara :
    1. Download Windows 10 di website resmi microsoft, klik disini
    2. Klik Download Tool Now yang berada dibawah kalimat Create Windows Instalation Media kemudian Jalankan.
    3. Pilih Upgrade This PC, jika anda sedang menggunakan komputer yang akan diupgrade ke windows 10. Atau pilih Create installation media for another PC, jika anda akan mengupgrade komputer yang lain.
    4. Ikuti Windows 10 Installation Wizards.
    Jika anda sudah berhasil menginstall windows 10 di komputer anda, sekarang saatnya mengaktifkan windows 10 anda dengan license windows 7 yang sudah anda miliki. Caranya :
    1. ketika "Settings" di kolom pencarian pada Start Menu, kemudian pilih Update & Security
    2. Pilih Activation  kemudian aktifkan windows 10 anda menggunakan license windows 7 yang tersimpan di komputer.
    Baca Juga Cara Mempercepat Booting Windows 10
     
    Begitulah cara melakukan upgrade windows 7 anda ke microsoft windows 10 Gratis, jika anda memiliki license windows versi yang lain. Meskipun setelah upgrade terkadang kita merasa kurang familiar terhadap icon dan penggunaannya. Saya yakin setelah beberapa  lama, anda akan menikmati kelebihan-kelebihan windows 10 yang lainnya. Jadi, menurut hemat saya, lebih baik anda melakukan upgrade windows 7 lama anda, karena berhentinya support untuk windows 7, Semoga membantu.

    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments