-->

Website AMP : Mengapa Harus Membangun Website Valid AMP

Advertisement
Daftar Isi
    Bagi yang belum mengetahui, google mengeluarkan sebuah component web framework dalam dunia website atau blogging. Dan fitur itu dinamakan AMP (Accelerated Mobile Pages) atau bila diterjemahkan artinya kurang lebih Halaman Web yang Dipercepat untuk Gadget / Smartphone



    Pengertian AMP



    Sebelum kita membahas template amp yang bisa anda download dengan gratis dan diterapkan pada blog atau website anda. Mari kita bahas pengertian amp terlebih dahulu.

    Amp adalah Framework Html yang menyajikan kode dengan lebih simple agar tercipta halaman yang cepat, mudah diload oleh browser untuk meningkatkan pengalaman pengguna web diatas faktor lainnya.

    Jadi bisa kita tarik kesimpulan dari pengertian amp diatas bahwa amp adalah kode html yang dibuat sesingkat dan secepat mungkin agar website anda bisa dibuka dengan cepat. Kenapa waktu loading website sangat penting?

    Kelebihan Website AMP


    Ada beberapa hal yang bisa kami sebutkan mengapa kecepatan loading website amp adalah hal yang penting dalam pengembangan web, diantaranya :

    1. Meningkatkan User Experince


    Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, pengunjung website anda pasti lebih menyukai membuka halaman website yang cepat daripada harus menunggu halaman loading yang lama. Kami bahkan membaca bahwa agar pengunjung tidak kesal saat membuka halaman web, halaman web tersebut harus dapat terbuka dengan sempurna paling lambat 2 detik sejak pengunjung melakukan klik address halaman website.

    Dan code AMP adalah tools paling tepat untuk meningkatkan kecepatan website anda.

    2. Website AMP Mudah Dikembangkan


    Faktanya, tidak terlalu sulit bagi pengembang web untuk membuat code amp, karena tag amp dibuat berdasarkan tag html yang biasanya digunakan untuk menampilkan objek pada halaman website.

    Pengembanga hanya tinggal menambahkan tag didepan tag html, contohnya ketika anda ingin menampilkan gambar / image pada halaman website anda, untuk menampilkan gambar tag html yang digunakan adalam tag , sedangkan tag amp yang digunakan untuk menampilkan gambar dalam format amp adalah

    Yap, benar sekali. Pengembangan website berbasis amp tidak harus merombak habis keseluruhan code pada halaman website anda, anda tinggal convert tag html yg anda gunakan menjadi tag amp. Dan website anda sudah tersedia dalam format AMP yang lebih smooth dan cepat ketika dibuka oleh pengunjung.

    Seperti contoh halaman web amp berikut ini :

    <!doctype html>
    <html amp lang="en">
      <head>
        <meta charset="utf-8">
        <script async src="https://cdn.ampproject.org/v0.js"></script>
        <title>Hello, AMPs</title>
        <link rel="canonical" href="https://amp.dev/documentation/guides-and-tutorials/start/create/basic_markup/">
        <meta name="viewport" content="width=device-width,minimum-scale=1,initial-scale=1">
        <script type="application/ld+json">
          {
            "@context": "http://schema.org",
            "@type": "NewsArticle",
            "headline": "Open-source framework for publishing content",
            "datePublished": "2015-10-07T12:02:41Z",
            "image": [
              "logo.jpg"
            ]
          }
        </script>
        <style amp-boilerplate>body{-webkit-animation:-amp-start 8s steps(1,end) 0s 1 normal both;-moz-animation:-amp-start 8s steps(1,end) 0s 1 normal both;-ms-animation:-amp-start 8s steps(1,end) 0s 1 normal both;animation:-amp-start 8s steps(1,end) 0s 1 normal both}@-webkit-keyframes -amp-start{from{visibility:hidden}to{visibility:visible}}@-moz-keyframes -amp-start{from{visibility:hidden}to{visibility:visible}}@-ms-keyframes -amp-start{from{visibility:hidden}to{visibility:visible}}@-o-keyframes -amp-start{from{visibility:hidden}to{visibility:visible}}@keyframes -amp-start{from{visibility:hidden}to{visibility:visible}}</style><noscript><style amp-boilerplate>body{-webkit-animation:none;-moz-animation:none;-ms-animation:none;animation:none}</style></noscript>
      </head>
      <body>
        <h1>Welcome to the mobile web</h1>
      </body>
    </html>
    Untuk mempelajari apa saja tag amp yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan website anda, silahkan buka AMP Documentation

    3. AMP Support Semua Device


    Dengan mengganti Tag HTML native anda ke dalam format tag amp, website anda akan menjadi lebih mudah diakses menggunakan device apapun. Baik itu Personal Kompiter, Smartphone Android, IPhone, dll. Karena amp mendukung semua devics touch screen yang ada di dunia pada saat ini.

    Selain itu, AMP juga direkomendasikan oleh 3 Perusahaan Raksasa Internet saat ini, diantaranya Google, Bing dan Twitter. Jika anda masih berharap meningkatkan traffik pengunjung ke dalam website anda dari 3 perusahaan diatas. Maka website anda harus segera di convert ke dalam bentuk format AMP.

    Kelebihan AMP Lainnya


    Selain dari 3 kelebihan website amp diatas, ternyata mengembangkan website amp memiliki kelebihan lainnya yang sangat penting bagi kemajuan website atau blog anda. 

    Beberapa Kelebihan Web AMP Lainnya, adalah :

    a. Teknik SEO Gratis


    Apabila website anda masig mengandalkan search engine untuk mengundang pengunjung ke website. Memiliki web amp adalah salah satu cara bagaimana website anda bisa bersaing didalam search engine dan menempati posisi atas pada pencarian dengan keyword yang anda bidik. 

    Silahkan lihat gambar dibawah ini :


    Seperti yang anda lihat diatas, website amp menempati 2 pencarian tertinggi untuk 1 keyword pencarian yang sama. 

    Hal ini memang sesuai dengan apa ysng pernaj dikatakan pegawai google beberapa waktu yang lalu, bahwa google akan memperioritaskan qebsite yang memiliki user experience yang baik selain content yang juga berguna bagi pengunjung search engine. 

    Dan memiliki website AMP adalah cara yang tepat untuk meningkatkan user experience pada website anda. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas. 

    b. Loading Web jadi Sangat Cepat


    Hal lain yang harus anda pertimbangkan ketika membangun website akhir-akhir ini adalah, berapa lama website anda bisa menampilkan halaman dengan sempurna? 

    1 detik... 2 detik... 3 detik... 
    Ahhh, terlalu lama

    Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, website yang baik dan disenangi oleh pengunjung adalah website yang cepat menampilkan halamannya. Seperti yang juga disinggung oleh VP of Google Search David Bebris, sebanyak 53% dari pengunjung mobile meninggalkan website yang dikunjungi apabila website tersebut lebih lama dari 3 detik untuk menampilkan halamannya. 

    Yap, itu artinya jika anda memiliki website yang lemot, anda bisa kehilangan lebih dari setengah pengunjung potensial yang berkunjung ke website anda. Dan itu juga sama saja dengan kehilangan keuntungan yang anda dapatkan dari mengembangan website anda, dalam hal apapun website anda bergerak. 

    Kesimpulannya


    Setelah pembahasan tentang website AMP diatas, disini kami akan memberikan kesimpulan, yang merupakan jawaban dari pertanyaan Apakah anda harus mengembangan website AMP?

    Apapun profesi anda di Internet, apakah amda seorang Publishers yang memiliki website atau blog, atau seorang Penjual yang menjual barang dagangan menggunakan website. 

    Menggunakan Website AMP dapat membantu anda untuk meningkatkan pengunjung kedalam website anda, karena selain website amp disukai oleh berbagai macam search engine besar di dunia. Menggunakan website amp juga bisa membuat produk/layanan yang anda jual ditampilkan didalam google news carousel. 



    Akan tetapi, apabila anda masih ragu dan bingung untuk menerapkan kode amp pada website anda. Anda bisa melakukan sedikit experiment dengan menempatkan code amp pada salah satu halaman website anda. Sehingga anda bisa melihat perbedaannya, apabila amp terbukti meningkatkan pengunjung website anda. Itu aetinya, sudah waktunya bagi anda untuk mengubah keseluruhan code html pada website menjadi tag amp. 

    Sekian artikel AMP Website: Mengapa Harus Membangun Website Valid AMP. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan pada artikel diatas. Silahkan berikan komentar dibawah jika anda merasa artikel ini berguna. Semoga membantu



    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments