-->

Manfaat Jaringan Komputer di Berbagai Bidang

Advertisement
Daftar Isi
    Jaringan komputer telah menjadi salah satu cara paling ampuh untuk berbagi informasi, di mana semua komputer dihubungkan secara nirkabel pada jaringan yang sama. Sekarang, bisnis dan organisasi sangat bergantung pada jaringan komputer untuk menyampaikan pesan dan informasi penting ke berbagai bagian dan cabangnya. 

    Tidak hanya bisa bermanfaat bagi perusahaan, jaringan komputer juga bermanfaat bagi individu perseorangan, karena mereka juga bisa dengan mudah berbagi informasi penting setiap hari. Pada hari ini kita akan mencoba membahas Manfaat Jaringan Komputer di Berbagai Bidang.

    Manfaat Jaringan Komputer Dalam Kehidupan Sehari-Hari


    Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menghubungkan komputer personal anda ke internet, diantaranya :

    1. Terhubung ke Sosial Media

    Hanya dengan menyambungkan komputer anda le jaringan internet, anda bisa langsung terhubung dengan ribuan orang dari seluruh dunia melalui website media sosial, contohnya facebook, instagram, twitter, dll

    Setelah terhubung anda bisa melakukan banyak hal pada website media sosial yang anda pilih, diantaranya : update status, berbagi file/foto/gambar, berbagi informasi, mengobrol (chatting), membaca berita sampai mencoba mempromosikan usaha atau barang dagangan anda dengan gratis.

    Yang anda butuhkan untuk mendaftar pada salah satu website sosial media poluler, hanya koneksi internet dan email aktif yg bisa anda buat dengan mudah menggunakan gmail, yahoo mail, dll.

    2. Promosi dan Belanja Online

    Selain terhubung ke social media yang sudah dijelaskan diatas. Anda juga bisa menggunakan koneksi internet yang anda punya untuk menjadi seller (penjual) atau buyer (pembeli) di internet di Marketplace Online yang bisa anda gunakan dengan gratis, seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dll. 

    Berbeda dengan berjualan secara offline, yang anda butuhkan untuk memulai berjualan online hanya no. Rek sbg. Sarana pembayaran, Foto Produk, dan Deskripsi Produk yang menarik. Kemudian promosikan produk yang anda jual menggunakan Website Marketplace yang anda pilih. 

    Manfaat Jaringan Komputer di Bidang Pendidikan


    Berbagai manfaat jaringan komputer yang bisa dirasakan oleh guru dan murid di bidang pendidikan diantaranya :

    1. Menambah Referensi Belajar

    Dengan terhubungnya komputer di seluruh dunia pada jaringan komputer menggunakan internet membuat guru dan murid yang merupakan aktor di bidang pendidikan bisa mendapatkan berbagai informasi dengan mudah dan cepat dari internet. Website-website yang bergerak di bidang pendidikan pun bermunculan dan menyediakan berbagai macam referensi belajar secara gratis atau berbayar. 

    Bahkan beberapa universitas di Indonesia dan dunia menyimpan dokumen penelitian para mahasiswanya secara online dan tersedia untuk didownload swcara gratis untuk dijadikan referensi Mahasiswa atau pihak luar. 

    2. Ujian Online

    Ujian digunakan oleh tenaga pengajsr untuk mengukur konpetensi siswa dan serapan materi belajar yang diterima oleh siswa. 

    Dengan memanfaatkan jaringan komputer, sekolah dapat mengurangi biaya untuk melakukan ujian karena ujian dilaksanakan langsung melalui komputer yang terhubung ke server sekolah. Bahkan dengan teknologi komputer saat ini, hasil ujian yang dilakukan oleh siswa dapat langsung di koreksi dan diberikan nilai setelah ujian selesai, tanpa harus dikoreksu oleh tenaga pengajar yang memakan waktu lama.

    Dengan memanfaatkan teknologi juga, guru bisa membuat berbagai versi soal berbeda bagi para siswa untuk mengurangi kecurangan dan menyontek jawaban. Sehingga siswa dituntut untuk belajar sebelum ujian diadakan.

    3. Media Belajar Online

    Media belajar tidak terbatas pada ruang kelas karena dengan memanfaatkan jaringan komputer, guru dan siswa bisa berkumpul pada suatu wadah khusus yang digunakan untuk belajar. 

    Tenaga pendidik bisa membuat kelad online bagi siswa nya yang dapat diakses dari rumah bagi siswa yang tidak hadir di kelas atau sebagai sarana untuk mengulang pelajaran. 

    4. Tatap Muka Tidak Terbatas di Kelas dan Sekolah

    Tenaga pengajar bisa membuat beberapa video atau catatan online yang diupload di internet sebagai referensi tambahan bagi siswa untuk memahami pelajarannya diluar sekolah. Dan tersedia dengan mudah untuk diunduh oleh siswa dari rumahnya. Sehingga siswa yang tidak menangkap pelajaran saat di kelas juga bisa mempelajari pelajaran kembali di rumahnya. 

    5. Sarana Komunikasi antara Guru dan Murid

    Jaringan komputer juga bisa digunakan sebagai sarana berkomunikasi antara guru dan murid secara privat. Dimana murid bebas menanyakan apa yang tidak dimengerti saat guru tersebut menerangkan pelajaran. Dan guru bebas menjawab pertanyaan siswa dimanapun, tidak terbatas saat di sekolah dan kelas berlangsung saja. 

    Dan perkembangan teknologi jaringan komputer yang pesat pun tidak menutup kemungkinan lain yang bisa dimanfaatkan oleh bidang pendidikan di masa depan.

    Manfaat Jaringan Komputer Di Bidang Kesehatan


    Jaringan komputer juga bisa dimanfaatkan untuk bidang kesehatan, diantaranya :

    1. Pengobatan dan Perawatan Pasien

    Dokter pada jaman sekarang meninjau dan memberikan resep obat menggunakan catatan kesehatan elektronik. Mereka juga menggunakan aplikasi dan program perangkat lunak untuk mengelola catatan pasien. Teknologi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi staf, tetapi juga membantu mencegah human error.

    Setelah fasilitas medis memberikan nomor identifikasi kepada pasien, staf dapat mengambil semua informasi tentang pasien itu dari basis data yang aman. Komputer juga dapat mendokumentasikan rekomendasi perawatan, pengobatan, dan perawatan.

    Aplikasi perangkat seluler membantu perawat memperbarui catatan pasien menggunakan kode perawatan dan diagnostik, sebagai lawan dari papan tulis dan grafik kertas.

    2. Diagnosis Penyakit Pasien

    Dokter menggunakan komputer untuk mengelola dan mencatat informasi pasien, yang dapat membantu mereka untuk membuat diagnosis yang lebih akurat, terutama jika banyak dokter bekerja dengan pasien yang sama.

    Perawat juga dapat menggunakan teknologi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin seperti EKG, kadar oksigen, dan tekanan darah. Hasil secara otomatis disimpan ke basis data elektronik, memastikan bahwa keduanya akurat dan tersedia untuk staf lain yang terlibat dalam perawatan pasien.

    3. Telemedicine

    Ada ribuan orang di Amerika Serikat yang tidak memiliki akses ke perawatan kesehatan yang memadai. Teknologi telah menjembatani kesenjangan antara dokter dan pasien berpenghasilan rendah.

    Telemedicine memungkinkan orang untuk mendiskusikan masalah kesehatan mereka dengan dokter umum melalui telepon atau melalui video. Dokter kemudian dapat memberi saran kepada pasien tentang apakah harus mencari bantuan di fasilitas medis.

    Telemedicine juga bermanfaat untuk orang cacat dan orang lanjut usia yang mungkin merasa lebih sulit untuk pergi ke dokter mereka. Sistem Telemedicine juga memungkinkan dokter untuk merekam dan menyimpan informasi secara elektronik.

    4. Prosedur Bedah

    Ahli bedah melakukan banyak prosedur bedah canggih menggunakan komputer. Proses ini dikenal sebagai Computer Assisted Surgery, atau CAS, dan dengan cepat menjadi populer di bidang medis. CAS menggabungkan kecerdasan komputer dengan keahlian medis untuk membantu ahli bedah selama operasi yang kompleks.

    Sistem CAS membuat dan menganalisis model virtual pasien sebelum operasi. Ahli bedah kemudian menggunakan gambar ini untuk mensimulasikan prosedur bedah. Dalam beberapa kasus, operasi dilakukan atau dibantu oleh robot.

    5. Komunikasi dan Berbagi Informasi

    Teknologi komputer juga dapat membantu untuk berkomunikasi dan berbagi pengetahuan antara praktisi medis dan pasien. Berbagi pembaruan dan penelitian dalam bidang medis dibuat lebih efisien oleh komputer dan internet.

    Dokter juga menggunakan internet untuk menawarkan atau mendapatkan saran. Praktisi medis dari seluruh dunia mendiskusikan masalah di forum medis, menulis artikel tentang kemajuan terbaru, dan berkontribusi pada informasi yang terkandung dalam jurnal medis.

    6. Medical Imaging

    Peralatan pencitraan medis canggih sekarang dapat membuat gambar tiga dimensi dari bagian-bagian tubuh. Kasus penggunaan termasuk mamografi, ultrasonografi, magnetic resonance imaging (MRI), dan sinar-X 3D. Staf medis menyimpan gambar-gambar ini dalam database komputer, membuatnya mudah untuk diambil nanti.

    Kesimpulan

    Komputer menjadi semakin bermanfaat bagi staf medis. Mereka mempromosikan pertumbuhan yang cepat dan perawatan yang lebih baik sambil mengurangi kesalahan. Seiring dengan kemajuan teknologi, komputer akan memainkan peran yang bahkan lebih besar dalam industri kesehatan.
    Advertisement

    Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
    Tambah Pengetahuan
    Disqus Comments